Pengoptimalan Penggunaan Smartphone Sebagai Digital Marketing Pada SMAN 14 Bekasi

Authors

  • Prima Dina Atika Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fata Nidaul Khasanah Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Herlawati Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rafika Sari https://orcid.org/0000-0002-8433-2605
  • Endang Retnoningsih Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Islam ‘45’ Bekasi
  • Rahmadya Trias Handayanto Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Islam ‘45’ Bekasi
  • Tyastuti Sri Lestari Teknik Industri, Fakultas Teknis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i2.698

Keywords:

digital marketing, ecommerce, smartphone, Shopee

Abstract

Penggunaan internet untuk aktivitas transaksi bisnis dikenal dengan istilah Electronic Commerce (E-commerce). Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah pengusaha yang menggunakan e-commerce dalam perusahaannya. Digital marketing memudahkan pebisnis memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, di sisi lain calon konsumen juga bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya sehingga mempermudah proses pencariannya. Mitra dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu guru SMA Negeri 14 Bekasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengenalan dalam pengoptimalan penggunaan smartphone yang tidak hanya digunakan untuk sekedar menulis pesan, melakukan panggilan dan bersosial media saja, namun dapat juga dijadikan sebagai media yang mampu mendukung kegiatan usaha atau bisnis yang dimiliki oleh beberapa Guru. Pelaksanaannya materi yang dipaparkan mengenai pengantar digital marketing dan teknis penggunaan salah satu ­e-commerce Shopee. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari penyuluhan, pelatihan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan menunjukkan para peserta antusias dengan adanya kegiatan ini dan menganggap materi yang dipaparkan sangat menarik dan bermanfaat.

Author Biography

  • Rafika Sari

    Computational Science

    Physics

    Computational of Physics

Downloads

Published

2021-08-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

Dina Atika, P. ., Nidaul Khasanah, F. ., Herlawati, Retnoningsih, E. ., Trias Handayanto, R. ., & Sri Lestari, T. . (2021). Pengoptimalan Penggunaan Smartphone Sebagai Digital Marketing Pada SMAN 14 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(2), 143-152. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i2.698

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.