Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi

Authors

  • Herlawati Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fata Nidaul Khasanah Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rafika Sari Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya https://orcid.org/0000-0002-8433-2605

DOI:

https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.454

Keywords:

mentimeter, media interaktif, pembelajaran daring, merdeka belajar

Abstract

Guru sebagai fasilitator bukan hanya sebagai pendidik dan pengajar saja pada abad 21 ini. Guru dituntut mempunyai kemampuan lebih dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus mampu memadukan pembelajaran, konteks yang bermakna dan harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengakses materi pembelajaran setiap saat dan memberikan penilaian formatif yang adil, salah satunya dengan menggunakan konsep gamifikasi. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, perlu adanya kegiatan pembelajaran interaksi yang baik antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran secara daring. Salah satunya menggunakan aplikasi Mentimeter, yang merupakan aplikasi berbasis website yang dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan survey dalam suatu kegiatan seminar atau pembelajaran. Metode pelaksanaan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dari koordinasi dengan pihak mitra untuk mendiskusikan tentang banyaknya peserta, dan tanggal pelaksanaan, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan menggunakan aplikasi daring dan bagian akhir melakukan koordinasi dengan mitra terkait pelaporan dari kegiatan pengabdian ini. Mitra dari kegiatan ini adalah SMA Negeri 14 Kota Bekasi. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini pihak mitra dapat memahami mengenai aplikasi Mentimeter dan mengetahui bagaimana membuat media interaktif dalam proses pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Mentimeter sebagai upaya mewujudkan program pemerintah merdeka belajar.

Author Biography

  • Rafika Sari, Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

    Computational Science

    Physics

    Computational of Physics

    Artificial Intelligence

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Herlawati, Nidaul Khasanah, F., & Sari, R. (2024). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(1), 42-52. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.454

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 28

You may also start an advanced similarity search for this article.