Pengoptimalan Penggunaan Smartphone Sebagai Digital Marketing Pada SMAN 14 Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i2.698Keywords:
digital marketing, ecommerce, smartphone, ShopeeAbstract
Penggunaan internet untuk aktivitas transaksi bisnis dikenal dengan istilah Electronic Commerce (E-commerce). Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah pengusaha yang menggunakan e-commerce dalam perusahaannya. Digital marketing memudahkan pebisnis memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, di sisi lain calon konsumen juga bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya sehingga mempermudah proses pencariannya. Mitra dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu guru SMA Negeri 14 Bekasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengenalan dalam pengoptimalan penggunaan smartphone yang tidak hanya digunakan untuk sekedar menulis pesan, melakukan panggilan dan bersosial media saja, namun dapat juga dijadikan sebagai media yang mampu mendukung kegiatan usaha atau bisnis yang dimiliki oleh beberapa Guru. Pelaksanaannya materi yang dipaparkan mengenai pengantar digital marketing dan teknis penggunaan salah satu e-commerce Shopee. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari penyuluhan, pelatihan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan menunjukkan para peserta antusias dengan adanya kegiatan ini dan menganggap materi yang dipaparkan sangat menarik dan bermanfaat.