Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Eksplanatif Persepsi Masyarakat RT 10 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung terhadap Kegiatan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing)

Authors

  • Annisa Eka Syafrina

DOI:

https://doi.org/10.31599/b35qch10

Keywords:

Badan Usaha Milik Negara, Efektivitas Corporate Social Responsibility, Komunitas, Persepsi, Reputasi Perusahaan.

Abstract

PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. memanfaatkan Corporate Social Responsibility melalui Program Pembinaan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing sebagai upaya dalam mempertahankan reputasi perusahaannya agar selalu baik dan kuat. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana pengaruh kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan Badan Usaha Milik Negara terhadap Reputasi Perusahaan; serta seberapa besar pengaruh persepsi masyarakat, yang dalam hal ini adalah komunitas di sekitar perusahaan; terkait efektivitas ekonomi dan sosial program Corporate Social Responsibility tersebut. Survey yang dilakukan kepada 70 orang responden menunjukkan bahwa kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap reputasi perusahaan, di mana 29% reputasi perusahaan diperoleh melalui efektivitas Corporate Social Responsibility, sedangkan sisanya sebesar 71% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2015). Manajemen Komunikasi Korporasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Afdhal, A. (2004). Tips & Trik Public Relation. Jakarta: Grasindo.

Ardianto, E. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

_______________ Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Bertens, K. (2000). Pengantar Etika Bisnis. Jakarta: Kanisius.

Cutlip, S., Center, A., & Broom, G. (2011). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana. Fariani, Silvia Rita dan Widodo Aryanto. 2009. Panduan Praktis PR. Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Florentina K. T dan Paulus. Y.F. 2015. Buku Pengantar Bisnis, Matana University: Buku

Pengantar Bisnis. Serpong: Universitas Matana.

Griffin, R. (2004). Manajemen 1. Jakarta: Erlangga.

Grunig, J., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Chicago: Holt, Rinehart and

Winston, Inc.

Hadi, N. (2014). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Iriantara, Y. (2013). Community Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kuncoro, M., Tandelilin, E., Ancok, D., Basuki, H., Purbasari, D., Adji, A., . . . Fitradi, A.

(2009). Transformasi Pertamina Dilema Antara Orientasi Bisnis & Pelayanan Publik.

Yogyakarta: Galangpress.

Mardikanto, T. (2014). Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi).

Bandung: Alfabeta.

Pearce, Craig L., Joseph A. Maciariello, dan Hideki Yamawaki. 2010. The Drucker

Difference: Inspirasi Manajemen Terbesar di Dunia Bagi Para Pemimpin Bisnis Saat

Ini. Jakarta: Ufuk Press.

Pearce II, J., & Robinson Jr., R. (2008). Manajemen Strategis 1: Formulasi, Implementasi, dan

Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rachman, Nurdizal M., Asep Efendi, dan Emir Wicaksana. 2011. Panduan Lengkap

Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.

Radyati, Maria R. Nindita. 2014. Sustainable Business dan Corporate Social Responsibility

(CSR). Jakarta: CECT Universitas Trisakti.

Downloads

Published

2021-03-26

Issue

Section

Articles