Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Suhay Salim Terhadap Perilaku Imitasi Siswi SMKN 20 Jakarta

Authors

  • Zahra Safira
  • Anindita Lintangdesi Afriani

DOI:

https://doi.org/10.31599/bzsgmc94

Keywords:

Beauty Vlogger, Youtube , Terpaan Media , Perilaku Imitasi

Abstract

Media baru yang berbasis internet membuat media komunikasi, informasi dan hiburan yang mudah digunakan oleh masyarakat. Adapun alasan penggunaan internet banyak dipakai untuk sosial mediadiambildaridataAPJIIyaituberjumlahsebesar18,9%mediayangpalingbanyak dipakaiuntuk melacak informasi adalah media YouTube. Kegiatan yang dapat dilakukan, diantaranya mengunduh music, menonton film, melihat entertainment, membaca buletin, bermain game dan lainya. Salah satu media baru yang paling sering digunakan yaitu YouTube. YouTube memungkinkan penggunanya meng- upload video blog atau vlog yang (isi dengan konten yang bisa di-upload di YT). Muncul fenomena yang diminati para wanita adalah Beauty Vlogger. Munculnya Beauty Vlogger membuat make up kini menjadi konsumsi publik terutama kaum wanita mulai dari remaja hingga dewasa. Tujuan dari observasi ini ialah untuk melihat pengaruh beauty vlogger terhadap terhadap perilaku imitasi, pengaruh terpaan media terhadap perilaku imitasi pengaruh beauty vlogger dan terpaan media terhadap perilaku imitasi pada siswi SMKN 20 Jakarta. Metode observasi ini memakai pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 105 sampel siswi SMKN 20 Jakarta selama satu bulan di bulan Februari 2021. Hasilnya ialah: 1) Beauty vlogger tidak ada pengaruh yang relevan terhadap perilaku imitasi; 2) Terpaan media berpengaruh signifikan terhadap perilaku imitasi; 3) Beauty vlogger dan terpaan media berpengaruh signifikan terhadap perilaku imitasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Shimp, T. (2007). Periklanan Promosi ( Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jakarta: Erlangga.

A Shimp, Terence. (2007). Periklanan Promosi ( Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu) (Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Adelina, A yu;. (2018, 12 6). Kumparan. Retrieved from The Shonet: https://kumparan.com/the-shonet/4-hal-ini-buktikan-suhay-salim-bukanlah-beauty- vlogger-biasa-apa-saja-1544100996183578936/full

Aprillia, N. H. P., & Listiani, E. (2019). Pengaruh Drama Korea Terhadap Perilaku Imitasi Remaja. Prosiding Manajemen Komunukasi, 5(2), 340–350. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16672/pdf

Astuti, Menik Purwandari. (2011). Hubungan Antara Fanatisme Terhadap Tokoh Idola Dengan Imitasi Pada Remaja.

Bandura, A. (2019). Social learning: Theory. In Encyclopedia of Animal Behavior. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-813251-7.00057-2

Budiargo, Dian. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Choi; Morawitz Behm. (2017). Giving A New Makeover To STEAM: Establishing Youtube Beauty Gurus As Digital Literacy Educators Through Messagges And Effects On Viewers. Computer Science, Psychology.

Effendy. (2006). Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Penerbit Remaja Rosda Karya.

Elvinaro, A; Erdinaya, Lukiati K. (2005). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elvinaro, A; Karlinah, S; Lukiati, K. (2014). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Emsa, P. N. H. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger Tasya Farasya Di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Feist, J., Feist, G. J., & Feist, J. (2018). Theories of Theories of Personality.

Greidina, L. N. and K. R. Y. (2013). Communicating Through the Universe.

Hutapea. (2016). Beauty Vlogger dan Brand Image (Survei Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai

Endorser Terhadap Brand Image Produk The Body Shop).

Kartika, W. A. (2019). STUDI KORELASI ANTARA KUALITAS KONTEN, DAYA TARIK

KONTEN DAN TERPAAN TAYANGAN VIDEO BLOG PADA AKUN BEAUTY BLOGGER ABEL CANTIKA DI YOUTUBE DENGAN PERILAKU IMITASI SISWI DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. Komunikasi, 11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Downloads

Published

2024-03-26