Penggunaan Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Komunikasi dan Informasi di Kalangan Remaja (Studi Deskriptif pada Remaja di Alamanda Regency Blok M.5 RT 005/027)
DOI:
https://doi.org/10.31599/zyyd3813Keywords:
Facebook, komunikasi, media baru, remaja, sumber informasiAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan media baru dalam proses interaksi dan komunikasi yang kemudian dimanfaatkan manusia di berbagai bidang. Saat ini, era media komunikasi interaktif membawa kita pada pengenalan terhadap dunia internet dengan berbagai program menarik yang disediakan, salah satunya adalah Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial Facebook sebagai sumber informasi di kalangan remaja. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, peneliti melakukan wawancara kepada informan yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja menggunakan media sosial Facebook untuk mendapatkan sumber informasi berdasarkan fakta. Di sisi lain, Facebook dijadikan sebagai platform sharing pengalaman ataupun hobi bagi remaja. Fitur-fitur yang canggih dalam Facebook seperti fitur marketplace, permainan, dan lain-lain menjadi daya tarik untuk tetap menggunakan Facebook. Selain itu juga Facebook dianggap remaja sebagai platform hiburan yang dapat menghilangkan jenuh di waktu luang.
Downloads
References
Aditya, Iip M. (2021). "Pengguna Facebook Indonesia dalam Bingkai Statistik." goodnewsfromindonesia.id, 30 Oktober 2021, https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/10/30/pengguna-Facebook- indonesia-dalam-bingkai-statistik.
Alfirahmi. (2019). Fenomena Kopi Kekinian di Era 4.0 ditinjau dari Marketing 4.0 dan Teori Uses and Effect. Jurnal Lugas 3(1), 24-32.
Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications.
Mokalu, Juniver V., Norma N. Mewengkang, dan Joane P.M Tangkudung. (2016). Dampak Teknologi Smartphone Terhadap Perilaku Orang Tua di Desa Touure Kecamatan Tompaso. Jurnal "Acta Diurna", V(1), 1-9.
Nawawi, Hadari dan Mini Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Paramita, Sinta dan Rezi Erdiansyah. (2016). Entrepreneurship dan New Meda Pada Generasi Muda. Kaji Tindak: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1-8. E- ISSN: 2503-4979
Purbohastuti, Arum Wahyuni. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa EKONOMIK, 12(2), 212-231.
Krisyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis: Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Richard, West, dan Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi : Analisis dan
Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Sari, Amelia Rahima. (2021). "10 Negara dengan Jumlah Pengguna Facebook Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?" tekno.tempo.co, 3 November 2021, https://tekno.tempo.co/read/1524403/10-negara-dengan-jumlah-pengguna- Facebook-terbanyak-indonesia-nomor-berapa.
Sasmito, Mayasari. (2015). Pemanfaatan Media Sosial "Facebook" Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Media Aplikom, 4(4), 38-52.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.
Syafrina, Annisa Eka dan Genta Nurfajri. (2021). Penggunaan Media Komunikasi Smartphone dalam Kegiatan Belajar Mengajar Mahasiswa FIKOM UBHARA Jaya di Masa Pandemi. Jurnal Communicator Sphere, 1 (2), 58-68.
Syahyudin, Dindin. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. GUNAHUMAS, Jurnal Kehumasan, 2(1), 272-282.
Yunistiati, Farida, M. As'ad Djalali, dan Muhammad Farid. (2014). Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri dan Interaksi Sosial Remaja. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 71-82.