Aksi Sosial Di Internet: Peran Social Media Influencer Sebagai Aktor Dalam Crowdfunding Di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31599/77rf2s68Keywords:
Crowdfunding, Social Media Influencer, Media Sosial, Aksi Sosial, PendermaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran social media influencer sebagai aktor dalam crowdfunding di media sosial. Penelitian ini penting karena dapat memberikan gambaran bagaimana social media influencer memobilisasi penggemarnya untuk terlibat dalam aksi sosial dan menyukseskan kampanye crowdfunding. Crowdfunding telah bertranformasi ke banyak bentuk salah satunya adalah melalui ptlafrom digital seperti situs web atau media sosial. Eksistensinya semakin diperkuat berkat pengaruh dari social media influencer yang memiliki basis penggemar yang besar. Penelitian ini menggunakan metode unobtrusive observation yang dilakukan secara virtual dan studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga elemen penting yang dapat menentukan kesuksesan crowdfunding yaitu komunikasi visual, motivasi, serta kepercayaan dan transparansi. Crowdfunding dapat dikatakan sukses jika penggalang dana (fundraiser) sebagai aktor yang beperan dalam crowdfunding dapat memenuhi ketiga elemen tersebut. Dalam kasus penelitian ini, subjek penelitian yaitu social media influencer yang berperan sebagai penggalang dana mampu menjalankan perannya dengan baik. Media sosial secara maksimal dimanfaatkan sebagai tempat untuk membangun dan meningkatkan awareness kampanye crowdfunding lewat komunikasi visual, berinteraksi dengan penderma, dan sebagai tempat untuk memberikan informasi terbaru terkait realisasi crowdfunding.
Downloads
References
Aaker, J., & Akutsu, S. (2009). Why Do People Give? The Role of Identity in Giving. Journal of Consumer Psychology, 19, 267–270. https://doi.org/10.2139/ssrn.1418196
Agrawal, A., Catalini, C., & Goldfarb, A. (2013). The Simple Economics of Crowdfunding, Innovation Policy and the Economy. University Press.
Allison, T. H., Davis, B. C., Short, J. C., & Webb, J. W. (2015). Crowdfunding in a Prosocial Microlending Environment: Examining the Role of Intrinsic versus Extrinsic Cues. Entrepreneurship Theory and Practice, 39(1), 53–73. https://doi.org/10.1111/etap.12108
Belleflamme, P., Lambert, T., & Schwienbacher, A. (2010). Crowdfunding: An Industrial Organization Perspective.
Belleflamme, P., Lambert, T., & Schwienbacher, A. (2012). Crowdfunding: Tapping the Right Crowd. Journal of Business Venturing, 29. https://doi.org/10.2139/ssrn.1578175
Belleflamme, P., Lambert, T., & Schwienbacher, A. (2013). Individual Crowdfunding Practices. Venture Capital, 15. https://doi.org/10.2139/ssrn.2151179
Belleflamme, P., Omrani, N., & Peitz, M. (2015). The Economics of Crowdfunding Platforms. Center for Operation Research and Econometrics,
https://doi.org/10.1016/j.infoecopol.2015.08.003
Brabham, D. C. (2009). Crowdsourcing the Public Participation Process for
Planning Projects. Planning Theory, 8(3), 242–262.
https://doi.org/10.1177/1473095209104824
Bradford, C. (2012). Crowdfunding and the Federal Securities Laws. Columbia
Business Law Review, 2012.
Burger-Helmchen, T., & Penin, J. (2010). The limits of Crowdsourcing in
inventive activities: What do transaction cost theory and evolutionary theories of the firm teach us. Workshop on Open Source Innovation Strasbourg, 1–26.
Castells, M. (2009). Communication Power. Oxford University Press.
Colombo, M., Franzoni, C., & Rossi-Lamastra, C. (2014). Internal Social Capital and the Attraction of Early Contributions in Crowdfunding. Entrepreneurship Theory and Practice, 39.
https://doi.org/10.1111/etap.12118
Danmayr, F. (2014). Web 2.0 and crowdfunding platforms (pp. 7–48).
https://doi.org/10.1007/978-3-658-04559-3_2
Fiedler, S., & Horsch, A. (2014). Crowdinvesting als Finanzierungsalternative.
ZfKE ? Zeitschrift Für KMU Und Entrepreneurship, 62, 91–98.
https://doi.org/10.3790/zfke.62.1.91
Gerber, E., & Hui, J. (2014). Crowdfunding: Motivations and Deterrents for
Participation. ACM Transactions on Computer-Human Interaction, 20, 32–
Gerber, E., Hui, J., & Kuo, P.-Y. (2011). Crowdfunding : Why People Are
Motivated to Post and Fund Projects on Crowdfunding Platforms.
Grier, D. . (2011). Not for All Markets. Computer, 44, 6–8.
http://dx.doi.org/10.1109/mc.2011.155
Heer, J., & Bostock, M. (2010). Crowdsourcing Graphical Perception: Using
Mechanical Turk to Assess Visualization Design. Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 203–212. https://doi.org/10.1145/1753326.1753357