Strategi Produser Membangun Citra Pemberitaan Lintas Siang INews TV

Authors

  • Arifin S. Harahap
  • Halomoan Harahap
  • Andry Susanto
  • Hamida Syari Harahap

DOI:

https://doi.org/10.31599/8cswnr88

Keywords:

Strategi, Citra, Berita

Abstract

Penyajian berita di televisi bisa mengalami erosi dan distorsi fakta. Erosi dan distorsi fakta terjadi bila berita yang disajikan mengalami pengikisan atau penambahan fakta akibat tidak sempurnya peralatan jasmaniah dan rohaniah wartawan. Kasus seperti ini sudah sering terjadi. Ini tentu tak boleh terjadi dan terus berlangsung. Bila materi berita ini sampai kepada audience tentu bisa menyesatkan public. Namun yang berbahaya lagi kepercayaan public terhadap pemberitaan tv lambat laun akan pudar. Bila ini terjadi, pemberitaan tv akan rugi besar. Itulah sebabnya pemberitaan tv harus serius mengontrol berita yang mereka sajikan. Reporter mengumpulkan bahan sesuai ketentuan. Eksekutif produser dan produser harus senantiasa menyaleksi dan menyunting ketat berita yang mereka terima dari reporter. Bila ini kurang diperhatikan dan diabaikan lambat laun citra atau image pemberitaan akan runtuh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiyanto, Yoni, (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif, Artikel Kementerian

Keuangan, Jakarta.

Gray, Jerry, (2006). Dosa-dosa Media Amerika, Ufuk Pers, Jakarta

Harahap, Arifin S. (2018). Manajemen Pemberitaan dan Jurnalistik TV, PT Indeks, Jakarta.

Harahap, Arifin S. (2021) Peran Eksekutif Produser dan Produser Meningkatkan

Rating/Share Pemberitaan TV, Artikel Scholar Universitas Esa Unggul.

Hoetasoehoet, A.M. (2002) Seleksi Penyuntingan dan Penataan IsiSuratkabar dan Majalah, Yayasan Kampus Tercinta, IISIP Jakarta.

Mutiah, Tuty, (2018). Peran Produser Sebagai Gatekeeper Dalam Program News, Jurnal Komunikasi Univeritas Bina Sasara Informatika Vol 9, No 1.

Ramli, R dan Hernald, I.B.Y (2019). The Analysis of Strategic Management of Fajar in Increasing Corporate Income. Advances in Economics, Business and Management Research, Vol 75.

Downloads

Published

2024-03-26

Issue

Section

Articles