Strategi Public Relation Eiger Dalam Pemulihan Citra
DOI:
https://doi.org/10.31599/2kqe3p37Keywords:
Public Relations, Eiger, Citra.Abstract
Penurunan citra dan kepercayaan pelanggan PT. Eigerindo (“Eiger”) setelah adanya konflik antara Eiger dan Youtuber Dian Widiyanarko yang mengulas salah satu produk Eiger pada channel Youtubenya “Dunia Dian” yang direspon oleh manajemen Eiger dengan melayangkan surat keberatan atas ulasan tersebut. Penelitian ini bermaksud mengetahui strategi Public Relations Eiger dalam pemulihan citra dengan tujuan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami perusahan Eiger dalam memulihkan citranya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teori yang digunakan yaitu pemulihan citra dari William Benoit. Hasil penelitian ini yaitu Adaptive Strategy sangat berperan dalam pemulihan citra Eiger dengan melakukan evaluasi, pengkajian ulang, perbaikan pelayanan, serta melakukan kompromi dan permintaan maaf, juga sangat berperan dalam pemulihan citra Eiger melalui media yang digunakan, baik online maupun cetak guna mendapatkan kembali simpati masyarakat. Pelayanan yang lebih baik dan maksimal adalah kunci dan tujuan dalam mendapatkan kembali citra positif perusahaan, karena kepercayaan, kepuasaan dan loyalitas pelanggan merupakan prioritas.
Downloads
References
Ardianto, Elvinaro dan Soemirat. 2004. Dasar - Dasar Public Relations Cetakan Ketiga. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Benoit, William. 1995. Accounts, Excuses, and Apologies, A Theory of Image Restoration Strategies. New York. State University Of New York Pers.
Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public Relations. Jakarta: Esensi Erlangga Group. Prasetyantoko, Ign Wahyu Indriyo. 2001. Gerakan Mahasiswa dan Demokrasi di Indonesia.
Bandung: PT. Alumni.
Indarsih, Mike, dan Dian Pangestu. 2021. “Pemanfaatan Platform Youtube Sebagai Media
Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Universitas Bina Sarana
Informatika.” Jurnal AKRAB JUARA Vol.6.
Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan
Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, dan Junaidi Indrawadi. 2019. “Youtube Sebagai Sumber
Belajar Generasi Milenial.” Journal of Civic Education Vol. 2.
Sanityastuti, Marfu’ah, Fatma Dian Pratiwi, dan Yani Triwijayanti. 2008. Dasar - Dasar
Public Relations. Yogyakarta: Sukses Offset. https://www.Youtube.com/watch?v=pypfhi-NqjI https://bisnis.tempo.co/read/1427606/asal-mula-viralnya-surat-keberatan-Eiger-untuk-
Youtuber-karena-ulasan-produk https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-
capai-1914-juta-per-2022 https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-
indonesia-20202021