Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Melalui Techonology Acceptance Model (Tam)

Authors

  • Anindita Lintangdesi Afriani
  • Kumala Hayati

DOI:

https://doi.org/10.31599/kfjs4g21

Keywords:

Dompet digital, Minat, TAM

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh dari faktor-faktor terhadap minat penggunaan aplikasi dompet digital dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Semakin tingginya penggunaan aplikasi dompet digital dan dengan diarahkannya Indonesia menuju cashless society mendasari penelitian ini. Tiga hal yang paling banyak digunakan dalam aplikasi ini adalah untuk transportasi berbayar, makanan dan minuman, serta melakukan top-up pulsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif dengan jumlah responden sebanyak 300 orang yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat penggunaan aplikasi dompet digital, diantaranya adalah manfaat penggunaan (perceived usefulness), kepercayaan (perceived trust), dan sikap penggunaan (attitude toward using), sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan aplikasi dompet digital meliputi risiko penggunaan (perceived risk), kemudahaan penggunaan (perceived ease of use), dan literasi keuangan pengguna. Selain itu, pengguna yang berusia muda akan menunjukkan keinginan yang lebih untuk menggunakan teknologi baru dan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam penggunaan aplikasi dompet digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arvidsson, N. (2014). Consumer attitudes on mobile payment services – results from a proof of concept test. International Journal of Bank Marketing, Vol. 32 Issue: 2, pp.150-170, https://doi.org/10.1108/IJBM-05-2013- 0048

Brauner, P., Julia van Heek dan Martina Ziefie. (2017). Age, Gender, and Technology Attitude as Factors for Acceptance of Smart Interactive Textiles in Home Environments towards a Smart Textile Technology Acceptance Model. 3rd International Conference on Information and Communication Technologies for Ageing Well and e-Health (ICT4AWE 2017. DOI: 10.5220/0006255600130024

Carr, M. (2007). Mobile payment systems and services: An introduction. In Mobile Payment Forum, 1-12. http://www.venturewoods.org/

Davis, F.D. (1986). A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: Theory and results. Massachusetts, United States: Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology

Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan. (2016). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan: Edukasi dan Perlindungan Konsumen. [PDF]

Endah, S. (2016, September 22). 4 Faktor Penting Amankan Transaksi Mobile Payment. Numedia Artha Komunika. https://telko.id/7398/4-faktor-pentingamankan-transaksi-mobile- payment/

Fornell, C dan David F. Larcker. (1981). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error. Journal of Marketing Research, 18(1), pp. 39-50. DOI: 10.2307/315131

Hong Y dan Zhonghua Yang. (2014). An Empirical Examination of User Adoption Mobile Payment. International Conference on Management of e-Commerce and e-Government. DOI: 10.1109/ICMeCG.2014.40

Downloads

Published

2024-03-26