Berita Dalam Logika Instagram (Analisis Logika Media Sosial Akun Instagram Media Berita Alternatif)

Authors

  • Chelsea Viana Buchory
  • Dian Sukmawati

DOI:

https://doi.org/10.31599/fga9qr97

Keywords:

pengemasan berita, logika media, instagram.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengemasan berita pada media sosial Instagram milik jurnalisme alternatif yakni Tirto, Katadata, NarasiTv, dan Opini.id. Penelitian ini menggunakan Teori Logika Media Sosial yang dikemukakan oleh Hermida & Mellado guna menganalisis konten-konten keempat media tersebut dengan lima dimensi analisis, yakni struktur dan desain, estetika, konvensi genre, strategi retoris, interaksi dan intensi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis isi. Unit analisis pada penelitian ini meliputi unit sampel, unit pencatatan, dan unit konteks. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengemasan berita keempat media tersebut pada media sosial Instagram mengikuti logika media sosial saat ini. Struktur dan desain unggahan di IG masing-masing media berupa kesesuaian penggunaan fitur sehingga menghasilkan konten foto dan video dengan narasi pada kolom caption tanpa harus beralih dan diarahkan kepada laman portal media daring melalui hypertext. Sedangkan jika dilihat dari sisi estetika, terdapat penggunaan filter pada gambar dan gaya verbal dengan ciri khas masing-masing pada media jurnalisme alternatif, konvensi genre mengutamakan bagaimana mempresentasikan berita yang diunggah bukan hanya mengandalkan kecepatan pengunggahan dan tulisan saja namun hal ini terlihat mengikuti kapitalisme yang ada pada logika media sosial, strategi retoris media jurnalisme tidak terlalu fokus mengunggah berita secara realtime kemudian membuat kelanjutan berita terpisah setiap unggahan serta penggunaan tagar, interaksi dan itensi terlihat dari penggunaan fitur ikon berbentuk hati yang menunjukan jumlah suka dan juga pengunaan kolom komentar sehingga membentuk gaya interaksi tertentu di dalamnya. Namun, hal ini dikatakan juga sebagai pedang bermata dua, di mana logika media sosial ini bercampur dengan logika institusi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhtadi, A. S. (2018). Pengantar Ilmu Jurnalistk. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Haryanto, I.(2014).Jurnalisme Era Digital Tantangan Industri Media Abad 21.Jakarta:

Kompas.

Musman, A., & Mulyadi, N. (2017). Jurnalisme Dasar Panduan Praktis Para Jurnalis. Bantul:

Komunika

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R D. Bandung: Alfabeta. Krippendorff. 2004. Content Analysis: An Introductions to its Methodology (Second Edition). AR, M. F. (2018). Sejarah Media: Transformasi, Pemanfaatan, dan Tantangan. Malang:

Universitas Brawijaya Press.

Fikhasari, A., & Aji, G. G. (2019). Peran Media Sosial Dalam Manjemen Media Online (Studi

Kasus Tirto.id). Ilmu Sosial dan Hukum.

Aisyah, R. N., Fadilah, E., & Sjafirah, N. A. (2020). Penggunaan Infografis pada Akun

Instagramtirtoid sebagai Strategi Cross-media. Kajian Jurnalisme Vol. 03 No. 02, 211-

Widiastuti, N. (2019). Berita Viral di Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Media Massa

Konvensional. JurnalDigital Media & Relationship (JDMR), 27.

Puspita, R., & Suciati, T. N. (2020). Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalism Online Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.3 No. 2 ,

-146.

Adiprasetio, J. (2019). Copywriting dan Jurnalisme: Tirto. id dan Kiat Memasarkan Berita.

Eksistensi Promosi di Era Digital, in Suryana, A., Subekti, P., Yanto, A., Yuliani, D. R.,

Nurisani, R. (eds), Eksistensi promosi di era digital, Gramedia, 45-56.

Adrian, J., & Maharani, N. (2018). Keberlangsungan Good News From Indonesia Sebagai

Pelaku Jurnalisme ALternatif. Kajian Jurnalisme Vol. 01 No. 02, 107-123.

Hermida, A., & Mellado, C. (2020). Dimensions of Social Media Logics: Mapping Forms of

Jurnalistic Norms and Practices on Twitter and Instagram. Digital Journalism, 1-22. Welbers, K., & Opgenhaffen, M. (2019). Presenting News on Social Media: Media logic in the

communication style of newspapers on Facebook. Digital Journalism , 45-62. Agung, L. (2017). Estetika Pengantar, Sejarah dan Konsep. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Downloads

Published

2024-03-26