Komunikasi Penjual Kepada Pembeli
(Studi Kasus Komunikasi Penjual Kepada Pembeli di Pasar Ujungberung, Kota Bandung)

Authors

  • Duane Masaji Raharja

DOI:

https://doi.org/10.31599/spzspd78

Keywords:

Interaksi, Komunikasi, Penjual, Pembeli, Pasar

Abstract

Pasar tradisional sebagai pusat kegiatan ekonomi, tempat bertemu penjual dan pembeli. Selain sebagai tempat transaksi jual beli, keberadaan pasar tradisional juga sebagai media komunikasi antara warga masyarakat yang bermukim di sekitar pasar. Pasar menjadi wadah, media komunikasi yang menghubungkan komunikasi antar manusia di suatu daerah. Penjual selalu berusaha menawarkan barang yang dijualnya kepada konsumen. Berbagai cara dan gaya komunikasi dilakukan, agar menarik perhatian konsumen, dan barang yang dijual habis laku dibeli oleh pembeli. Bagaimana penjual berusaha untuk tidak hanya sekedar menjual barang dagangannya, tetapi juga berusaha menimbulkan hubungan yang baik dan positif, antara penjual dan pembeli. Dalam setiap interaksi yang terjadi di pasar, akan selalu dapat dilihat dari berbagai ruang lingkup komunikasi dan juga pola komunikasi. Tahun 2022, dimana modernisasi sudah merambah berbagai aspek kehidupan, termasuk perniagaan. Mulai banyak dibangun pasar-pasar modern di berbagai tempat, namun juga masih ada pasar-pasar tradisional yang masih bertahan sampai saat ini. Peneliti ingin melihat dan mengetahui, bagaimana ruang lingkup dan pola komunikasi dari penjual kepada pembeli di Pasar Ujungberung, Kota Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosda

Karya.

Purwasito, Andrik. 2002. Komunikasi Multikultural. Surakarta : Muhammadiyah

University Press.

Santoso, T. M. 2017. Revitalisasi Pasar Johar Semarang Dengan Pendekatan Arsitektur

Indische. Skripsi S-1. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya.

Sendjaja, Sasa Djuarsa. 2004. Teori Komunikasi. Jakarta : Universitas Terbuka. Wiryanto, 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2024-03-26