Efek Terpaan Akun Instagram @Kitabisacom Terhadap Perilaku Berdonasi Online Followers Akun Instagram @Kitabisacom

Authors

  • Widiastiana Vista Wijaya
  • Pitoyo

DOI:

https://doi.org/10.31599/q2q2xv96

Keywords:

Terpaan Akun, Perilaku Donasi Online, Kitabisa.com

Abstract

Berdasarkan data World Giving Index (WGI) yang dikemukakan oleh badan amal Charities Aid Foundation (CAF), pada tahun 2022 Indonesia secara lima tahun berturut-turut menempati posisi teratas dengan skor tertinggi. Crowdfunding merupakan suatu kegiatan penggalangan dana atau biasa disebut fundraising melalui media sosial. Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi salah satu faktor banyak bermunculan situs pelayur bantuan. Penggunaan platform online menjadi hal yang paling diminati sebagai cara untuk berkontribusi dalam penggalangn dana. Kitabisa.com merupakan salah satu situs donasi online dengan sistem crowdfunding terpopuler di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efek dari terpaan yang diberikan oleh akun Instagram @kitabisacom terhadap perilaku berdonasi followers akun tersebut. Teori atribusi digunakan sebagai pisau teori dalam membahas pengujian dari penelitian yang dilakukan. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan paradigma positivisme. Jumlah sampel penelitian sebanyak 400 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara parsial masing-masing variabel terpaan media (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berdonasi online (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriyani, D. S. (n.d.). Kitabisa: Membuka Jalan Kebaikan Bagi Manusia – UKM Indonesia. Retrieved January 5, 2023, from https://www.ukmindonesia.id/baca- deskripsi-posts/kitabisa-membuka-jalan-kebaikan-bagi-manusia/

Hassan, S. H., Masron, T. A., Mohamed, N., & Thurasamy, R. (2018). Antecedents of Trust towards the Attitude of Charitable Organisation in Monetary Philanthropic Donation among Generation-Y. Asian Academy of Management Journal, 23(1), 53–78. https://doi.org/10.21315/aamj2018.23.1.3

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana Prenada Media Group.

Liu, L., Suh, A., & Wagner, C. (2018). Empathy or perceived credibility? An empirical study on individual donation behavior in charitable crowdfunding. Internet Research, 28(3), 623–651. https://doi.org/10.1108/IntR-06-2017-0240

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana Prenada Media Group.

Nugroho, A. Y., & Rachmaniyah, F. (2019). Fenomena Perkembangan Crowdfunding Di

Indonesia. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1), 34.

https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.254

Sura, S., Ahn, J., & Lee, O. (2017). Factors influencing intention to donate via social

network site (SNS): From Asian’s perspective. Telematics and Informatics, 34(1),

–176. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.04.007

World Giving Index 2022 A global view of giving trends. (2022).

Downloads

Published

2024-03-26

Issue

Section

Articles