Pengaruh Terpaan dan Nilai Berita Hoaks Politik Akun Instagram @tempo.cekfata Terhadap Sikap Followers Akun @tempo.cekfakta

Authors

  • Citra Puspa Maulidina
  • Amri Dunan

DOI:

https://doi.org/10.31599/cbnpfk22

Keywords:

Terpaan Berita, Nilai Berita, Media Online, Sikap, Hoax, SOR, Instagram

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan berita hoaks di media online tentang politik terhadap sikap followers akun instagram @tempo.cekfakta dalammenanggapi atas masalah politik di Indonesia serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh nilai berita hoaks politik terhadap sikap followers akun instagram @tempo.cekfakta dalam menanggapi masalah- masalah politik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 340. Sampeldalam penelitian ini adalah para followers akun instagram @tempo.cekfakta yang berjumlah 47.000 followers. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus Organism Respon). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh terpaan dan nilai berita hoaks politik terhadap sikap followers akun instagram @tempo.cekfakta. dalam menanggapi masalah-masalah politik di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Christopher.2013. Sikap Masyarakat Surabaya Dalam Menonton Video Klip Psy-Gangnam Style Di Youtube.Jurnal E-Komunikasi Vol I. No.3 Tahun 2013.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Elvinaro,dkk. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama. Erdinaya, Lukiati dan Ardiyanto. 2005. Komunikasi Massa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. M Nisrina. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta:

Kobis.

Sofian, Effendi. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-26

Issue

Section

Articles