Pengaruh Tindak Tutur Direktif Vlogger Terhadap Minat Menonton (Studi Pada Youtube Crazy Nikmir Real)

Authors

  • Ira Purnama
  • Sekartaji Anisa Putri

DOI:

https://doi.org/10.31599/p60cpm80

Keywords:

Tindak Tutur Direktif, Vlogger, Minat Menonton, Teori Social Judgement, YouTube

Abstract

Artis Nikita Mirzani mempunyai saluran YouTube Crazy Nikmir Real, yang didirikan pada 13 Mei 2019 dan saat ini mempunyai lima juta pengikut. Penelitian ini mencoba mengkaji apakah tindak tutur Nikita Mirzani berpengaruh terhadap keinginan masyarakat untuk menonton. Penelitian ini memakai teknik survei dengan memakai metodologi kuantitatif. Penelitian ini memakai Teori Social Judgement. Data diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert 1 sampai 5. Data dianalisis memakai uji regresi linear sederhana. Pendekatan sampling yang dipakai dalam penelitian ini yakni convenience sampling. Uji validitas yang dipakai yakni dengan metode Kaiser- Meyer-Olkin (KMO). Uji reliabilitas memakai Cronbach’s Alpha dan teknik pengolahan data memakai SPSS. Hasil dari studi ini yakni tindak tutur direktif mempengaruhi minat menonton masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2018). Analisis Tindak Tutur Pada Wawancara Putra Nababan Dan Presiden Portugal.

Aulia, D., & Prasetyawati, H. (2021). Pengaruh Gaya Bicara Presenter Talkshow Hitam Putih Di Trans7 Terhadap Minat Menonton. Inter Script: Journal Of Creative Communication, Vol 3 No 2.

Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Pt. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Budiman, S. A. (2016). Tindak Tutur Ilokusi Direktif Dalam Komik Insekt Karya Sascha Hommer. Vol . 5 No.

Dirgantara, I. M. B., & Husna, R. (2018). Analisis Pengaruh Elektronik Word Of Mouth Di

Media Sosial Youtube Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Sariayu. Diponegoro

Journal Of Management, Vol 7 No 3, 95–109.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Edgerly, S., Gotlieb, M. R., & Vraga, E. K. (2016). “That Show Really Spoke To Me!”: The

Effects Of Compatible Psychological Needs And Talk Show Host Style On Audience

Activity. International Journal Of Communication.

Hadi, S. P. (2020). Analisis Dampak Gaya Komunikasi Juru Bicara Kpk Terhadap Persepsi

Publik. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, Vol 5 No 1.

Hardiani, Y. (2019). Pengaruh Terpaan Video Instagram Stories Selebgram Reza Oktovian

Terhadap Imitasi Gaya Bahasa Remaja (Studi Pada Siswa-Siswi Sman3 Bandar Lampung,

Periode 2019) Bandar Lampung. Universitas Muhammadiyah Malang.

Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast Sebagai Media Suplemen Pembelajaran

Berbasis Digital Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 2 No. Hyang, O. S. (2016). Bicara Itu Ada Seninya : Rahasia Komunikasi Yang Efektif. Bhuana Ilmu

Populer.

Jumiartika, V., & Palalloi, H. (2015). Pengaruh Tayangan Talkshow “Sarah Sechan”Di Net. Tv

Terhadap Minat Menonton (Studi Pada Mahasiswa Psikologi Unj Angkatan 2013).

Volume 1.

Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap

Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan

Papua Barat Di Kota Bandung. Share : Social Work Journal, 5(2).

Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1),

–138. Https://Doi.Org/10.20414/Tasamuh.V16i1.548

Kuncoro, A. M., Putri, A. O., & Pradita, Y. A. (2018). Vlogger Sebagai Saluran Menuju

Generasi Milenial Produktif Indonesia. Sinergitas Quadruple Helix, 193–199.

Laksminy, L. P. (2020). Cross-Gender Inovativeness Of Using Code Switching In Indonesan

Tv Talk Show. E-Journal Of Linguistics, 14(1), 57–70.

Littlejohn, S. W. (2005). Theories Of Human Communication (Ed. 8).

Maysarah, S. (2016). Pembawa Acara Dan Minat Penonton(Studi Korelasional Tentang

Pengaruh Pembawa Acara Radio Show Tv One Terhadap Minat Menonton Mahasiswa

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara). Flow.

Mirzani, N. (2019, May 13). Pemersatu Bangsa!!! Asli Gak Ada Yang Dipermak!!! Siapakah Dia???? Crazy Nikmir REAL. Retrieved May 28, 2022, from

https://www.youtube.com/c/CrazyNikmirREAL

Nadie, L. (2018). Media Massa Dan Pasar Modal. Media Center.

Neuman, L. (2014). Basics Of Social Research : Qualitation & Quantitative Approaches

(Third). Pearson Education Limited.

Nurudin. (2015). Pengantar Komunikasi Massa (7th Ed.). Rajawali Pers.

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. Penerbit

Deepublish.

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi : Komunikasi Sebagai Kegiatan

Komunikasi Sebagai Ilmu (1st Ed.). Prenamedia Group (Divisi Kencana).

Permatasari, S. N., & Yulia, M. F. (2013). An Analysis On The Language Style Of The Utterances In Magnum Advertisements. Language And Language Teaching Journal,

Downloads

Published

2024-03-26

Issue

Section

Articles