Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Sampo Pantene: Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce (Representation Of Women’s Beauty In Pantene Shampoo Advertisements: Semiotic Analysis Charles Sanders Peirce)

Authors

  • Dewanti Sri Rejeki

DOI:

https://doi.org/10.31599/y3376325

Keywords:

Iklan Sampo Pantene, Representasi Kecantikan, Semiotika Pierce

Abstract

Hampir seluruh produk di dunia menggunakan promosi berupa iklan untuk dapat memasarkan produknya, iklan produk dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian konsumen. Salah satu produk yang memasarkan produknya menggunakan iklan adalah Pantene yakni merupakan salah satu produk sampo yang hampir dikenal dunia, iklan sampo Pantene cenderung menggunakan model perempuan sebagai penarik perhatian, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh representasi kecantikan dalam iklan sampo Pantene dengan menggunakan analisis semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierce (Pierce). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai data dan hasil penelitian yang diperoleh, pengumpulan data melalui video iklan sampo pantene yang berada di 10 negara yakni Brazil, China, Filiphina, India, Indonesia, Italia, Jepang, Myanmar, Spanyol, dan Thailand. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat standarisasi kecantikan yang dimaksudkan dalam iklan sampo Pantene hal ini sejalan dengan dialog dan cara model memberikan visual untuk menarik perhatian produk sampo Pantene yang berhubungan dengan rambut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Anas. 2019. Metode Penelitian Sastra Perpektif Monodispliner Dan Interdisipliner. Gresik: Graniti.

Dewi, Murti Candra. 2013. Representasi Pakaian Muslimah Dalam Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Iklan Kosmetik Wardah di Tabloid Nova). Jurnal Komunikasi. 6(2), 1171-2323-1-SM.pdf.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Jaiz, M. (2014). Dasar-dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Noth, Winfried. 2006. Semiotika. Surabaya: Airlangga University Press.

Safura, Sania Mada. 2020. Analisis Semiotika Peirce Dalam Representasi

Kecantikan Perempuan Indonesia Pada Iklan Pantene Perfect On Di Situs Web Youtube. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https:sg.docworkspace.com/l.s/lCDP5qjEAZuu8qAG?sa=00&st=0t.

Sauri, Sopyan. 2019. Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa Pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran. 6(2), 1-8. 2687-11940-1-PB.Pdf.

Kumparan. (2023, Januari 10). Indian Women’s Beauty Standards, Should They Really Be White?. https://kumparan.com/hello-ladies/standar-kecantikan- wanita-india-benarkah-harus-berkulit-putih-1zYeuQE7QAw

Hafidha, S. (2021, Juni 22). Standar Kecantikan 9 Negara Ini Unik, Bukti Definisi Cantik Sangat Luas. https://www.liputan6.com/hot/read/4588392/standar- kecantikan-9-negara-ini-unik-bukti-definisi-cantik-sangat-luas

Downloads

Published

2024-03-27