Pengaruh Intensitas Menonton Youtube Tonight Showterhadap Pengembangan Wawasan Mahasiswa Stikom Interstudi (Studi Variety Show)
DOI:
https://doi.org/10.31599/hd2e9046Keywords:
Pengaruh, Intensitas, Menonton YouTube, Pengembangan WawasanAbstract
Penelitian ini berfokus untuk memahami dampak tayangan variety show terhadap masyarakat melalui data kuantitatif. Dengan mengintegrasikan kemajuan komunikasi dan teknologi, media massa menciptakan platform bagi orang untuk memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik. Media modern berfungsi sebagai jembatan antara berbagai jenis media, sekaligus meruntuhkan penghalang antara aktivitas pribadi dan publik. Berkat format digitalnya, bertukar informasi dan berkomunikasi menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Salahsatu format program televisi yang mencontohkan hal ini adalah Variety Show, yang menggabungkan berbagai bentuk program, seperti acara bincang-bincang, konser, kuis, dan permainan. Keragaman ini mencegah pemirsa bosan dengan satu jenis pertunjukan. Dalam penelitian ini, kami menerapkan teori Uses and Effects, yang berpendapat bahwa setiap orang menggunakan media untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Kuesioner dikumpulkan melalui kegiatan survei untuk mendapatkan data primer yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIKOM Interstudi jurusan penyiaran khususnya, mereka yang telah menonton program acara Tonight Show. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability dan convenience sampling. Proses pengujian ini meliputi Uji Analisis, Uji Koefisien Korelasi, Uji Regresi Linier dan Uji Mean dengan pengolahan data program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Intensitas Menonton (Variabel X) berpengaruh kuat terhadap Pengembangan Wawasan (Variabel Y) mahasiswa STIKOM InterStudi.
Downloads
References
Afiyanti, F. & Rachmawati. (2014). MetodePenelitian Kualitatif Dalam Riset Keperawatan. PT. Raja Grafindo Persada.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, andBehavior. 2nd Edition. Open University Press. Apriadi, T. (2013). Literasi Media: CerdasBermedia Khalayak Media Massa. Raja Grafindo
Persada.
Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala NetGeneration. PT Elex Media Komputindo Kompas
Gramedia. .
Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi
di Masyarakat.Kencana Prenada Media Group.
Cahyono, G. & H. N. (2019). Youtube:Seni Komunikasi Dakwah DanMedia Pembelajaran .
Https://Www.Researchgate.Net/Publication/333330796_YOUTUBE_SENI_K
OMUNIKASI_DAKWAH_DAN_MEDIA_PEMBELAJARAN.
Fatmawati. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Program Siaran Mata Najwa Terhadap
Pengembangan Wawasan Mahasiswa Ilmu Politik Uin Alauddin Makassar.
Http://Repositori.Uin- Alauddin.Ac.Id/18912/1/Fatmawati-0101.Pdf.
Hopkins, J. (2006, October 11). “Surprise! There’s a third YouTube co-founder.”
Http://Www.Usatoday.Com/Tech/News/2006-10-11-Youtube- Karim_x.Htm. Huotari, M. (2015). Analysis of ContentCreation in Social Media by B2B