Analisis Campaign Program Go Green Yang Dilakukan Pandawara Group
DOI:
https://doi.org/10.31599/5dnbg426Keywords:
Pandawara Group, Go green, Dampak, Lingkungan, PemerintahAbstract
Lingkungan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari manusia secara ilmiah, karena manusia akan terus berinteraksi dengan lingkungannya. Dan terkadang manusia juga bisa memengaruhi lingkungan itu sendiri. Pandawara group menerapkan beberapa kegiatan kebersihan di beberapa kota. Mereka melakukan dengan ketekunan bukan semata-mata perintah dari seseorang. memulai kegiatan dengan cara yang ekstrem dan hampir merenggut nyawa mereka, akan tetapi itu tidak menjadi penghalang mereka untuk tidak melakukan kegiatan tersebut. Yang awalnya mereka hanya anak muda biasa yang suka nongkrong tengah malam tapi kini mereka telah berubah menjadi pahlawan kebersihan yang disegani oleh masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan air agar tetap layak untuk digunakan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengontrol pencemaran air yang disebabkan oleh bahan berbahaya, seperti logam berat, bahan kimia, limbah domestik, dan limbah industri pabrik. Karena pasti ada dampak negatifnya ketika kita membiarkan alam semakin memburuk.hasil penelitian menunjukan bahwa sebuah hal yang sudah dipisahkan oleh manusia akan selalu berputar kembali jika tidak ada persepsi dari sikap masyarakat.
Downloads
References
Anugrah, C., & Meliana, V. (2021). Analisis Campaign dan Green Marketing untuk menciptakan Keputusan Pembelian. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 8(2), 1–6. https://doi.org/10.53008/kalbisocio.v8i2.170
Amalia, M. (2023). Mengenal Pandawara Group, 5 Anak Muda yang Sukses Ajak 3.700 Volunteer Bersih-bersih Pantai. Diakses 19 Oktober 2023 dari https://www.jawapos.com/nasional/011765268/mengenal-pandawara-group-5-anak-muda- yang-sukses-ajak-3700-volunteer-bersih-bersih-pantai
Amelia, T. (2019). Pengaruh Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Biologi Di Man 2 Bandar Lampun. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 110(9), 1689–1699.
Badan Pusat Statistik. (2017). Badan Pusat Statistik (pp. 335–358). https://doi.org/10.1055/s-2008- 1040325
Fitria, R. (2022). Pandawara Group, Aksi Sobat Muda Bebersih Sungai anti Jijik! (p. 1). sampaijauh.com. https://sampaijauh.com/pandawara-group-aksi-sobat-muda- be bersih- sungai-anti-jijik-26067go-green. (n.d.). https://das-b3.com/why_choose/view/go-green
Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2018). 8. BabIi_2018428Adn. 47– 50. http://repository.uin- suska.ac.id/13125/8/8.BAB III_2018428ADN.pdf
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Jones, L., & Wong, W. (2016). More than just a green building: Developing green strategies at the Chinese University of Hong Kong Library. Library Management, 37, 373-384. https://doi.org/10.1108/LM-05-2016-0041.
Kronrod, A., Grinstein, A., & Wathieu, L. (2012). Go green! Should Environmental Messages be So Assertive? Journal of Marketing, 76(1), 95–102. https://doi.org/10.1509/jm.10.0416
Nadira, F. (2023). Pandawara Group Kembali Ajak Warga Bersihkan Pantai Terkotor Kedua di Indonesia. Republika News. https://news.republika.co.id/berita/rxj9bf502/pandawara-group- kembali-ajak-warga-bersihkan-pantai-terkotor-kedua-di-indonesia
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F., Ismail, I., & Tafsir, T. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 83. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2959
Rahardjo, M. (2010). Jenis dan Metode Penelitian Kual itatif. In UIN Malang Media Informasidan Kebijakan Kampus(p. 1). Uin