Pengaruh Daya Tarik Pesan Pada Konten Review Rumah Parkville, Sentul City Terhadap Minat Beli Konsumen

Authors

  • Kartika Firstia Faradiba Universitas Paramadina
  • Faris Budiman Annas

DOI:

https://doi.org/10.31599/6nrkhs50

Keywords:

Daya Tarik Pesan , Minat Beli, Konten Review

Abstract

Kebutuhan mendasar dalam kehidupan manusia meliputi kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, dan tempat tinggal. Salah satu contoh kebutuhan dasar adalah tempat tinggal, atau biasa disebut rumah. Selain sebagai kebutuhan esensial, rumah juga sering digunakan sebagai indikator status sosial, terutama dalam masyarakat yang semakin modern. Sosial media pun menjadi salah satu kebutuhan manusia di era modern saat ini. Sosial media kerap digunakan sebagai media untuk mencari informasi dan jual beli. Defie Wibifono merupakan social media influencer yang fokus pada sektor properti. Salah satu konten yang dibuat olehnya adalah konten review rumah Parkville, Sentul City. Pada Penelitian ini peneliti bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik pesan dalam konten review rumah Parkville, Sentul City, yang disampaikan oleh Defie Wibifono, terhadap minat beli konsumen. Metode survei dengan kuesioner online digunakan untuk mengumpulkan data dari 100 responden, yang merupakan followers Instagram @defie.xmarks.serpong. Analisis korelasi Pearson’s dan regresi linear sederhana dengan SPSS 27.0 dilakukan setelah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara daya tarik pesan konten review dan minat beli konsumen terkait produk Parkville, Sentul City, dengan tingkat hubungan rendah sebesar 0,122. Temuan ini mengindikasikan bahwa, meskipun kemampuan Defie Wibifono dalam menjelaskan informasi dinilai tinggi oleh responden, usia mereka memainkan peran penting dalam menentukan kesiapan untuk melakukan pembelian propert

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhita, Pundra Rengga. (2021) . Komunikasi Visual. Banyumas: Penerbit Zahra Media Publisher

A.Shimp, Terence (2003). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Belch, G., & Belch, M. (2021). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGrawHill

Bungin, Burhan. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ferdinand, A. T. (2002). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Sleman: CV Budi Utama.

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara. (2006). Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia).

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran, Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat (2010). Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana

Hadari Nawawi & Mimi Martini, 1994, “Penelitian Terapan”, Yogyakarta:

Gajahmada University.

Ridwan. (2003). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.Bandung : Alfabeta

Riyanto, M. (2008). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan dan Implikasinya Terhadap Sikap Merek. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Santoso,S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Sekaran, U. (2013). Research Methods For Business.United Kingdom

Setiawan. Evan (2018). Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Samudra Biru.

Sasetyo, S., Nawawi, H., & Rondonuwu, R. (2012). Pengaruh daya tarik iklan terhadap pembentukan citra merek pepsodent. eJournal Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Vol. 01. (01). h. 1-19.

Shimp, T. (2010). Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communication, 8th Edition . South Western:Cengage Learning

Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Tjiptono, F ( 1997), Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi

West, Richard & Turner, Lyyn H. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Chinomona, R., Okumba, L., & Pooe, D. (2013). The Impact of Quality on Perceived Value,

Trust, and Students Intention to Purchase Electronice Gadgets. Afrika Selatan:

University of Technology.

Apriansyah and Darius Antoni. 2018. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media

Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi 1

Anang Sugeng Cahyono. 2019. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial

Masyarakat Di Indonesia. Publiciana 9, no. 1 : 140–157.

Sugeng Cahyono. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di

Indonesia.

Ahmad Setiadi. 2014. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah

Matrik 16, no. 1.

Zikri Fachrul Nurhadi. 2020. Youtube Sebagai Media Informasi Kecantikan Generasi

Millenial. Commed : Jurnal Komunikasi dan Media 4, no. 2: 170–190.

Fatty Faiqah, Muhammad Nadjib, and Andi Subhan Amir. (2016). Youtube Sebagai Sarana

Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA 5, no. 2 (2016): 259–272.

Fransiska Timoria Samosir, Dwi Nurina Pitasari, and Purwadi Eka Tjahjono. (2018). The

Effectiveness of Youtube as a Student Learning Media (Study at the Faculty of Social and Political Sciences, University of Bengkulu). Record and Library Journal 4, no. 2 (2018): 81–91, https://ejournal.unair.ac.id/index.php/RLJ.

Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pemebelian Tempe. Lampung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Metro.

Sentia, D. (2019). Pengaruh Dewi Sandra sebagai Brand Ambassador dalam TVC "Wardah Exclusive Matte Lip Cream" terhadap Minat Beli Konsumen. Malang: Universitas Brawijaya.

Wicaksono, H. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Online. Jakarta: Universitas Mercubuana.

Rahman, Abdul. (2021). Pengaruh Konten Review Smartphone Samsung Galaxy A72 di Youtube Terhadap Minat Beli Masyarakat. Jakarta: Universitas Persada Indonesia

Downloads

Published

2024-10-19