Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital

(Studi Fenomenologi Pengguna Go-Food di Universitas Amikom Yogyakarta)

Authors

  • Nurbayti Universitas AMIKOM Yogyakarta

Keywords:

Fenomenologi, Pengguna, Go-Food

Abstract

Maraknya aplikasi digital pada telepon pintar mengubah pola komunikasi manusia yang tadinya berinteraksi tatap muka, bergeser menggunakan media komunikasi digital. Perubahan pola komunikasi ini bahkan terjadi pada ranah transaksi jual beli makanan, jika dulu orang mendatangi tempat penjualan makanan atau menelepon call center delivery, saat sekarang orang berpindah menggunakan aplikasi digital. Peneliti pada kesempatan ini mengkaji alasan pengguna media virtual Go-Food, apakah semata karena kemudahan, atau ada hal lain yang mempengaruhi fenomena pemesanan makanan menggunakan aplikasi Go-Food tersebut. Peneliti mewawancara dosen Universitas Amikom Yogyakarta sebanyak 10 orang, dengan mengunakan teknik wawancara, hal ini guna mendapatkan alasan yang beragam dari satu narasumber dengan narasumber lainnya, adapun pendekatan penelitian yakni menggunakan studi fenomenologi, dimana tradisi ini merupakan alat pengkajian untuk mengekplorasi pengalaman manusia, dalam hal ini yakni untuk mengkaji perubahan pola interaksi manusia yang dipengaruhi perubahan oleh teknologi komunikasi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhini, Amelia, “Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen pada E-Commerce”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 6, Nomer 7, juli 2017, Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia: Surabaya.

Adi, R. N. (2013) “ Analisis Faktor- Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pemelian dengan sistem Pre Order secara Online ( Studi Kasus pada Online Shop Chopper Jersey. Diunduh tanggal 19 Mei 2015 dari http://eprints.undip.ac.id/40079/1/ADI.pdf

Downloads

Published

2020-07-27

Issue

Section

Articles