Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital
(Studi Fenomenologi Pengguna Go-Food di Universitas Amikom Yogyakarta)
Keywords:
Fenomenologi, Pengguna, Go-FoodAbstract
Maraknya aplikasi digital pada telepon pintar mengubah pola komunikasi manusia yang tadinya berinteraksi tatap muka, bergeser menggunakan media komunikasi digital. Perubahan pola komunikasi ini bahkan terjadi pada ranah transaksi jual beli makanan, jika dulu orang mendatangi tempat penjualan makanan atau menelepon call center delivery, saat sekarang orang berpindah menggunakan aplikasi digital. Peneliti pada kesempatan ini mengkaji alasan pengguna media virtual Go-Food, apakah semata karena kemudahan, atau ada hal lain yang mempengaruhi fenomena pemesanan makanan menggunakan aplikasi Go-Food tersebut. Peneliti mewawancara dosen Universitas Amikom Yogyakarta sebanyak 10 orang, dengan mengunakan teknik wawancara, hal ini guna mendapatkan alasan yang beragam dari satu narasumber dengan narasumber lainnya, adapun pendekatan penelitian yakni menggunakan studi fenomenologi, dimana tradisi ini merupakan alat pengkajian untuk mengekplorasi pengalaman manusia, dalam hal ini yakni untuk mengkaji perubahan pola interaksi manusia yang dipengaruhi perubahan oleh teknologi komunikasi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini.
Downloads
References
Adi, R. N. (2013) “ Analisis Faktor- Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pemelian dengan sistem Pre Order secara Online ( Studi Kasus pada Online Shop Chopper Jersey. Diunduh tanggal 19 Mei 2015 dari http://eprints.undip.ac.id/40079/1/ADI.pdf