Mediamorfosis Surat Kabar Ke Surat Kabar Online

(Studi Kasus Republika Online)

Authors

  • Ratna Puspita Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Keywords:

Mediamorfosis, Media Online, Media Massa

Abstract

Tekanan ekonomi dan teknologi komunikasi memaksa media cetak mengadopsi teknologi digital dengan mengembangkan bisnis dalam jaringan (daring) atau online. Harian Republika mengubah strategi bisnisnya dengan mengembangkan media online (Republika Online). Transformasi media cetak ke media online menunjukkan apa yang disebut oleh Riger Fiddler (1997) sebagai mediamorfosis. Fidler mengajukan enam prinsip mediamorfosisnya, yaitu koevolusi dan koeksistensi, pewarisan, kelangsungan hidup, peluang dan kebutuhan, penundaan adopsi, dan metamorfosis. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif, dan studi kasus. Penelitian ini memfokuskan pada transformasi media cetak ke media online. Media massa merupakan perusahaan yang fleksibel dan berubah karena tuntutan teknologi. Republika Online merupakan transformasi Harian Republika. Mediamorfosis ditunjukan lewat bahasa verbal dan non-verbal dalam berita, penggabungan berbagai medium penyajian berita, dan sistem yang mudah beradaptasi, tetapi kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Avilés, José Alberto García, & Miguel Carvajal. 2008. Two Models of Multimedia News Production – The Cases of Novotécnica and La Verdad Multimedia in Spain. Convergence: The International Journal of Research into New Media Technologies. Sage Publications, Vol 14(2): 221–239

APJII. Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Maret 2018. Jakarta: APJII. Diunduh pada 20 April 2018.

Downloads

Published

2020-07-27

Issue

Section

Articles