Konstruksi Pesan Komunikasi Produk Brownte- Brownis Mente Dalam Menciptakan Citra Kekinian Bercitarasa Lokal Untuk Menarik Perhatian Konsumen di Kota Kendari
(Studi Fenomena Trend Kue Artis)
Keywords:
Komunikasi, Citra, BrandingAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah fenomena disepanjang tahun 2017 dan berlanjut hingga awal 2018, maka fenomena bisnis kue kekinian milik artis indonesia menjadi salah satu yang Paling menarik perhatian. Demam kue artis juga hingga ke Kendari, adalah Arie K. Untung, mantan VJ MTV dan seorang presenter membuka gerai kue artis miliknya, Brownte. Merek Brownte sendiri diambil dari singkat brownies mente yang menggunakan kacang khas sulawesi tenggara sebagai citarasa utama kuenya. Penelitian ini membahas konstruksi pesan komunikasi produk brownte-brownis mente untuk menciptakan citra kekinian bercitarasa lokal yang dapat menarik perhatian konsumen di kota kendari, tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang konstruksi pesan komunikasi produk brownte dalam melakukan branding produknya yang kekinian.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Untuk membentuk citra kekiniannya, brownte menerapkan strategi komunikasi untuk mencapai tujuan tujuan dari komunikasi pemasaran yakni menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen tentang produk. Dalam konstruksi pesan produk brownte, ada dua hal yang cukup menonjol dan menarik perhatian dalam upaya merek tersebut menciptakan citra kekinian bercitarasa lokal, kedua hal tersebut adalah pengemasan produk (packaging) serta promosi yang dilakukan dengan pendekatan media sosial yang lebih dekat dengan konsumennya.
Downloads
References
Abdullah, Thamrin dkk. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada