Memaknai Gaya Hidup Masyarakat Urban dalam Berfoto Instagrammable pada Museum Seni Kontemporer

Authors

  • Anindita Almira Wulandari UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Salshabilla P. Hersananda
  • Ainaya Pradina Putri

Keywords:

Instagrammable, gaya hidup, masyarakat urban

Abstract

Memotret dan berbagi foto di media sosial seperti Instagram kini digemari masyarakat urban. Terdapatsuatu ‘standar’ tertentu bagi para pemilik akun Instagram sebelum menunggah foto yang hendak dibagikan. Hanya foto yang dirasa instagrammable yang layak untuk diunggah dalam Instagram.Instagrammable tidak hanya diterapkan dalam bisnis-bisnis pariwisata ataupun tempat makan. Museum seni kontemporer juga dijadikan objek berfoto instagrammable. Dengan suasana tempat yang penuh warna dan banyaknya instalasi seni interaktif, museum seni kontemporer menjadi tempat yang menggiurkan untuk dikunjungi oleh pemburu foto instagrammable. Proses pengambilan foto dengan berbagai sudut pandang dan melalui tahapan editing menjadi hal yang wajib untuk dilakukan oleh para pengguna Instagram untuk mencapai kata instagrammable. Melalui studi etnografi kritis dengan pendekatan fenomenologis, artikel ini mendeskripsikan berfoto instagrammable telah menjadi suatu gaya hidup bagi masyarakat urban dan berfoto instagrammable juga memiliki makna dan pengalaman tersendiri bagi para penggunanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burnham, J. C. (1994). “John B. Watson: Interviewee, professional figure, symbol.” Modern Perspective on John B. Watson and Classical Behaviorism. Greenwood Press.

Febriyanti, S. N. (2017). Instagrammable: Antara Ekspektasi Dan Realita (Penerimaan Netizen Terhadap Foto Objek Wisata di Instagram). Prosiding Seminar dan Call for Paper (p. 177). Sidoarjo: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Downloads

Published

2020-07-27