Pemaknaan Pendidikan Pesantren Salafiyah Bagi Kepala Keluarga di Kota Tasikmalaya

Authors

  • Luluatu Nayiroh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wahyu Utamidewi

Keywords:

Makna, Pendidikan Salafiyah, Kepala Keluarga

Abstract

Keluarga merupakan pilar pertama dalam mendidik dan membekali ilmu secara paripurna. Dalam sekelompok keluarga di Kota Tasikmalaya terdapat beberapa kepala keluarga yang hanya memberikan pendidikan salafiyah atau pendidikan pesantren salaf (klasik) pada anaknya tanpa mengimbangi dengan jenjang pendidikan formal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepala keluarga memaknai pendidikan salafiyah berdasarkan pada pengalamannya. untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan analisis terhadap pokok-pokok pertanyaan penelitian, yakni: makna pendidikan salafiyah serta transmisi nilai-nilai pendidikan salafiyah yang diyakini oleh masing-masing kepala keluarga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala keluarga yang berdomisili di Kota Tasikmalaya. Subjek dipilih secara purposive sampling (sampel bertujuan) dengan jumlah 5 orang (Kepala Keluarga). Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka. Adapun teknis analisis dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para kepala keluarga memaknai pendidikan salafiyah terbentuk dari proses eksternalisasi yang dialami diri sendiri dengan lingkungan di keluarga. Makna pendidikan salafiyah bagi kepala keluarga Kota Tasikmalaya adalah sebagai pendidikan yang paripurna artinya pendidikan yang mampu mencetak generasi muslim memahami keilmuan agama secara sempurna dan memiliki akhlak yang mulia. Selain itu, Pendidikan salafiyah cenderung diartikan sebagai pendidikan yang tradisional dalam metode pengajaran, sistem belajar mengajar santri dan fasilitas kehidupan di pesantren salafiyah yang sangat sederhana dan jauh dari kesan mewah juga nuansa kehidupan modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basrowi, Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya, Insan Cendikia.

Baumrind, Diana. (1971). Harmonious Parents And Their Preschool Children. Development Psychology. San Fransisco: Jossey-Bass.

Downloads

Published

2020-07-27