Implementasi dan Efektivitas Kegiatan Corporate Social Responsibility pada Badan Usaha Milik Negara
(Program Pembinaan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia)
Keywords:
Corporate Social Responsibility, Efektivitas, Implemetasi, KomunitasAbstract
PT Aneka Tambang Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia melaksanakan Program Pembinaan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing sebagai salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Program Pembinaan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing dan apakah kegiatan tersebut berjalan efektif. Penelitian ini menggunakan konsep Public Relations, External Relations, dan Corporate Social Responsibility sebagai pendekatan yang digunakan dalam mengetahui implementasi dan efektivitas kegiatan. Paradigma yang digunakan adalah postpositivist dan metode campuran (mixed meethod) sebagai metode penelitiannya. Teknik pengumpulan yang digunakan peneliti adalah dengan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data kualitatif serta kuesioner sebagai teknik pengumpulan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Program Pembinaan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, survey, pelaksanaan serta monitoringdan evaluasi. Semua tahap telah berjalan dengan baik, namun tahap monitoring dan evaluasi masih belum maksimal. Selain itu, Program Pembinaan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing telah berjalan efektif dilihat dari indikator ekonomi dan sosial dengan skor rataan 53,45 yang memenuhi rentang kriteria penilaian yaitu >47,8-59,0.
Downloads
References
AndiPate, AA. 2015. Paradigma Baru Public Relations: Teori, Strategi dan Riset.
Jakarta: Pustaka Indonesia.