Konstruksi Identitas Sosial Fashion Remaja (Studi Kualitatif Pada Pengguna Pinterest Di Jabodetabek)
DOI:
https://doi.org/10.31599/ykxn8x58Keywords:
Konstruksi Identitas, Identitas Sosial, Remaja, Fashion, PinterestAbstract
Fashion dipengaruhi oleh perubahan sosial, politik, ekonomi, dan teknologi, menjadi sarana penting untuk diterima oleh masyarakat. Pinterest menyediakan platform bagi remaja untuk mengeksplorasi gaya pribadi dan membangun identitas sosial melalui interaksi visual. Fokus penelitian ini adalah bagaimana remaja di Jabodetabek mengonstruksi identitas sosial mereka melalui Pinterest, mengungkap aspek psikologis dan sosial yang mendasari preferensi mereka terhadap platform ini sebagai sumber referensi fashion. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi, wawancara mendalam dengan 10 orang informan dan analisis konten dengan subjek remaja berusia 17-24 tahun yang aktif menggunakan Pinterest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pinterest digunakan sebagai sumber referensi utama dalam bidang fotografi, desain video, dan fashion, serta sebagai alat untuk eksplorasi identitas diri. Informan menganggap Pinterest lebih efektif dibandingkan media sosial lainnya dalam menyediakan konten berkualitas tinggi dan up-to-date. Penelitian ini menguatkan teori konstruksi identitas sosial yang dikemukakan oleh Chris Barker (2004), dimana identitas diri dibentuk melalui interaksi sosial dan penyerapan elemen budaya dari lingkungan. Pinterest terbukti menjadi platform yang efektif untuk merangsang kreativitas, mendukung eksplorasi identitas diri, dan membantu dalam berbagai pekerjaan profesional.
Downloads
References
Allfriandi. (2017). KONSTRUKSI IDENTITAS BUDAYA DALAM DIRI ANAK KETURUNAN MINANGKABAU DI TANAH JAWA (Studi Deskriptif Kualitatif Konstruksi Identitas Budaya dalam Diri Anak Keturunan Minangkabau di Purwodadi).
Aminudin, A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion Online Shop. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 726–731. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.810
Anggun Mutiarani, W. (2020). PENGARUH APLIKASI MEDIA SOSIAL PINTEREST TERHADAP KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA PESTA WANITA SISWA SMK SYUBBANUL WATHON.
Arifin, D. R. (2023). Pengertian Pinterest – Definisi, Sejarah, Fitur, Kelebihan. Https://Dianisa.Com/Pengertian-Pinterest/.
Astiti, P., Suminar, J. R., & Rahmat, A. (2018). Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.7738
Bachri. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Https://Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Documents/Detail/139619.
Chairul, F. (2021). Desain Simple dan Casual Jadi Tren Fashion Generasi Z. . Https://Www.Beritasatu.Com/Gaya-Hidup/867871/Desain-Simple-Dan-Casual-Jadi-Tren- Fashion-Generasi-z.
Creswell, J. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. PustakaBelajar.
Damayanti, A. R., Anjarsari, L., & Anjani, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Gaya Hidup Berpakaian Remaja Ilkom Untidar. JKOMDIS : Jurnal Ilmu
Komunikasi Dan Media Sosial, 2(2), 217–221. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i2.329