Efektivitas Mata Kuliah Komunikasi Lingkungan dalam Meningkatkan Perilaku Pro-Lingkungan Mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Authors

  • ajeng Pradesti universitas islam syekh yusuf
  • Luna Safitri Salsabil universitas islam syekh yusuf
  • mad yoman universitas islam syekh yusuf

DOI:

https://doi.org/10.31599/dne32458

Keywords:

komunikasi lingkungan, analisis kuantitatif, efektivitas

Abstract

Studi ini berfokus kepada seberapa efektif mata kuliah Komunikasi Lingkungan di dalam 
merubah perilaku mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang untuk bertindak pro
lingkungan. Penelitian ini menghubungkan beberapa variable yaitu pengetahuan, sikap, 
hambatan, dan perilaku melalui metode pendekatan kuantitatif . jumlah populasi sebanyak 110 
mahasiwa dan ditentukan sample 86 sample mahasiswa dihasilkan dari rumus Slovin, data 
yang diperoleh berupa kuesioner secara online.  
Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki peran yang penting dalam mengurangi 
hambatan (koefisien jalur = 0,58) dan berdampak langsung pada perilaku pro-lingkungan 
(koefisien jalur = 0,451). Sikap juga memengaruhi perilaku (koefisien jalur = 0,198) dan secara 
moderat mengurangi hambatan (koefisien jalur = 0,289). Hambatan juga berdampak negatif 
pada perilaku (koefisien jalur = -0,25) dan memediasi hubungan antara pengetahuan 
Penelitian ini mengusulkan penggunaan teknologi digital, kolaborasi dengan pemangku 
kepentingan, kegiatan lapangan, dan kurikulum yang lebih relevan. Intervensi pendidikan 
lingkungan yang tepat dapat memberdayakan siswa sebagai agen pembawa perubaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. (2019). 'Pendidikan lingkungan berbasis pengalaman'. Global Education Journal.

Bryman, A. (2016). Social Research Methods (5th ed.). Oxford University Press.

Byrne, B. M. (2010). Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications,

and Programming. Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods

Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fowler, F. J. (2014). Survey Research Methods (5th ed.). SAGE Publications.

Fu, Liping, Ye Zhang, and Yin Bai. "Pro-environmental awareness and behaviors on campus:

Evidence from Tianjin, China." EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology

Education 14.1 (2017): 427-445.

Hayati, R. S. (2024). 'Konservasi energi di kalangan mahasiswa'. Jurnal Flourishing.

Kamil, M. (2018). 'Efektivitas proyek lapangan'. Educational Practices Review.

Liu, M., Shi, Z., & Zhang, Z. (2024). How Environmental Policy Perception and Social Media Use

Impact Pro-Environmental Behavior. Sustainability, 16(17). https://doi.org/10.3390/su16177587

Rahmawati, Hetti, et al. "Pro-Environmental Behavior Model among University

Students." Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 11.1 (2024): 9-16.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th

ed.). Wiley.

Sugiarto, A., & Gabriella, F. (2020). 'Perilaku daur ulang mahasiswa'. Environmental Behavior

Journal.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tang, D., Wen, S., Miao, W., & Duan, K. (2019). Application of the Theory of Planned Behavior

in Environmental Science: A Comprehensive Bibliometric Analysis. International Journal of

Environmental Research and Public Health, 16(15). https://doi.org/10.3390/ijerph16152788

Wulandari, S. (2022). 'Konsumsi bertanggung jawab untuk keberlanjutan'. Sustainable Lifestyle

Journal..org/tools_citationguide/citation-guide-1.html

Downloads

Published

2025-03-31

Issue

Section

Articles