Efektivitas Mata Kuliah Komunikasi Lingkungan dalam Meningkatkan Perilaku Pro-Lingkungan Mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31599/dne32458Keywords:
komunikasi lingkungan, analisis kuantitatif, efektivitasAbstract
Studi ini berfokus kepada seberapa efektif mata kuliah Komunikasi Lingkungan di dalam
merubah perilaku mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang untuk bertindak pro
lingkungan. Penelitian ini menghubungkan beberapa variable yaitu pengetahuan, sikap,
hambatan, dan perilaku melalui metode pendekatan kuantitatif . jumlah populasi sebanyak 110
mahasiwa dan ditentukan sample 86 sample mahasiswa dihasilkan dari rumus Slovin, data
yang diperoleh berupa kuesioner secara online.
Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki peran yang penting dalam mengurangi
hambatan (koefisien jalur = 0,58) dan berdampak langsung pada perilaku pro-lingkungan
(koefisien jalur = 0,451). Sikap juga memengaruhi perilaku (koefisien jalur = 0,198) dan secara
moderat mengurangi hambatan (koefisien jalur = 0,289). Hambatan juga berdampak negatif
pada perilaku (koefisien jalur = -0,25) dan memediasi hubungan antara pengetahuan
Penelitian ini mengusulkan penggunaan teknologi digital, kolaborasi dengan pemangku
kepentingan, kegiatan lapangan, dan kurikulum yang lebih relevan. Intervensi pendidikan
lingkungan yang tepat dapat memberdayakan siswa sebagai agen pembawa perubaha
Downloads
References
Anggraini, D. (2019). 'Pendidikan lingkungan berbasis pengalaman'. Global Education Journal.
Bryman, A. (2016). Social Research Methods (5th ed.). Oxford University Press.
Byrne, B. M. (2010). Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications,
and Programming. Routledge.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods
Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fowler, F. J. (2014). Survey Research Methods (5th ed.). SAGE Publications.
Fu, Liping, Ye Zhang, and Yin Bai. "Pro-environmental awareness and behaviors on campus:
Evidence from Tianjin, China." EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology
Education 14.1 (2017): 427-445.
Hayati, R. S. (2024). 'Konservasi energi di kalangan mahasiswa'. Jurnal Flourishing.
Kamil, M. (2018). 'Efektivitas proyek lapangan'. Educational Practices Review.
Liu, M., Shi, Z., & Zhang, Z. (2024). How Environmental Policy Perception and Social Media Use
Impact Pro-Environmental Behavior. Sustainability, 16(17). https://doi.org/10.3390/su16177587
Rahmawati, Hetti, et al. "Pro-Environmental Behavior Model among University
Students." Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 11.1 (2024): 9-16.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th
ed.). Wiley.
Sugiarto, A., & Gabriella, F. (2020). 'Perilaku daur ulang mahasiswa'. Environmental Behavior
Journal.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tang, D., Wen, S., Miao, W., & Duan, K. (2019). Application of the Theory of Planned Behavior
in Environmental Science: A Comprehensive Bibliometric Analysis. International Journal of
Environmental Research and Public Health, 16(15). https://doi.org/10.3390/ijerph16152788
Wulandari, S. (2022). 'Konsumsi bertanggung jawab untuk keberlanjutan'. Sustainable Lifestyle
Journal..org/tools_citationguide/citation-guide-1.html