Psikoedukasi Fase Perkembangan Anak dan Kenakalan Remaja

Authors

  • Salsabila Putri Andhina Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Yatasha Maurice Suyono Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Vina Asmarani Cintaka Putri Dareios Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Anisa Anggraini Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Hafizha Anggi Safitri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Else Kharisma Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.31599/cbe3x368

Keywords:

Psikoedukasi, Kenakalan Remaja, Fase Perkembangan Anak

Abstract

Penyuluhan dilakukan sebagai langkah untuk mendorong perubahan perilaku individu, kelompok, komunitas. Tujuannya agar mengetahui, memiliki kemauan, dan kemampuan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Proses wawancara pada survey pertama menyimpulkan bahwa terjadi tawuran di lingkungan setempat sehingga
muncul kegelisahan masyarakat, selain itu kurangnya pengetahuan pada para ibu terkait fase perkembangan anak. Psikoedukasi ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kenakalan remaja dan memberikan edukasi kepada ibu-ibu terkait fase perkembangan anak. Metode psikoedukasi dilakukan dengan penyuluhan materi terkait kenakalan remaja kepada karang taruna dan materi fase perkembangan anak kepada ibu-ibu PKK RW 025 Perumahan Graha Prima. Luaran yang didapatkan yakni para remaja mampu memahami dampak dari kenakalan remaja sehingga meminimalisir terjadinya kenakalan remaja dan ibu-ibu yang mengetahui fase perkembangan anak untuk dapat memenuhi peran orang tua yang berkualitas dalam masa perkembangan anak.  

Downloads

Published

2024-04-19