Psikoedukasi Bahaya Perilaku Phubbing Dan Meningkatkan Self-Confidence Pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31599/b1cfjv47Keywords:
Psikoedukasi, Phubbing, Kepercayaan DiriAbstract
Psikoedukasi dilakukan sebagai usaha untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku pada individu, masyarakat, kelompok atau organisasi agar memiliki pengetahuan dan mampu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Psikoedukasi ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya perilaku phubbing dan memberikan edukasi kepada remaja tentang self-confidence. Metode psikoedukasi dilakukan dengan penyuluhan materi terkait perilaku phubbing dan materi self-confidence kepada remaja PIKR Tunas Bangsa RW 014 Perumahan Graha Melasti. Hal yang didapatkan yakni para remaja mampu memahami dampak dari perilaku phubbing sehingga meminimalisir terjadinya perilaku phubbing dan mengetahui self-confidece untuk mengoptimalkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi.
References
Bangun, A. virgona, & Ningsih, F. (2021). Terapi Psikoedukasi Terhadap Self Care Activity Pada Penderita Diabetes Mellitus. 3, 6.
Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri (Cet. 1). Puspa Swara.
Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY AND SELF-CONFIDENCE (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11. https://ejournal.upi.edu/index.php/ije/article/view/1726
Karadaǧ, E., Tosuntaş, Ş. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Şahin, B. M., Çulha, I., & Babadaǧ, B. (2015). Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of Behavioral Addictions, 4(2), 60–74. https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.005