Psikoedukasi Pencegahan Bullying di Lingkungan Desa
DOI:
https://doi.org/10.31599/39ers048Keywords:
Psikoedukasi, Pencegahan BullyingAbstract
Bullying merupakan permasalahan yang sering terjadi di lingkungan pedesaan, termasuk di Desa Setiamekar, yang berdampak negatif pada perkembangan psikologis dan sosial korban. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang pencegahan bullying membuat upaya psikoedukasi menjadi penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Kegiatan psikoedukasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan warga RW 18 Desa Setiamekar tentang pencegahan bullying, khususnya dalam membangun keamanan psikologis di lingkungan mereka. Program ini melibatkan narasumber yang memiliki latar belakang psikologi dan berpengalaman dalam isu keamanan psikologis. Metode pelaksanaannya mencakup penyampaian materi, asesmen pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman peserta, serta diskusi interaktif yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai definisi, dampak, dan pencegahan bullying. Psikoedukasi ini memberikan dampak positif dengan menciptakan masyarakat yang lebih peduli dan proaktif dalam mencegah bullying, serta memperkuat solidaritas komunitas.
References
KPAI. (2014). Kasus Bully di Kota & Desa di Indonesia Hampir Sama. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/health/read/2027848/kasus-bully-di-kota-amp-desa-di-indonesia-hampir-sama.
Kurniasari, N., & Andriani, D. (2022). Psikoedukasi untuk Menurunkan Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Integratif, 10(2), 123-134. Diakses dari https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/17351/
Lestari, P. (2019). Psikoedukasi Pencegahan Perundungan (Bullying) pada Siswa SMP Yadika 11 Bekasi. Jurnal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 15-25. Diakses dari https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam/article/view/6098.
Wibowo, D. H., & Christy, Z. A. (2022). "Aku Siswa Anti Bullying": Layanan Psikoedukasi untuk Mencegah Bullying di Sekolah. Jurnal Magistrorum Et Scholarium, 2(3), 429-439. Diakses dari https://ejournal.uksw.edu/jms/article/download/6542/2195/30634