Psikoedukasi Remaja: Wiyata Untuk Jiwa Yang Berkualitas

Authors

  • Maulana Surya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Dita Syafebti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Ghifazil Abu Afghani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Alfira Husnia Fajriah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Lisa Dewi Utami Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Siti Nabila Jansa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • MHD Kharisma Fikri Nasution Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author
  • Yuarini Wahyu Pertiwi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Author

DOI:

https://doi.org/10.31599/2tjrez42

Keywords:

Remaja, Psikoedukasi, Perkembangan, Media Sosial, Berkualitas

Abstract

Remaja merupakan masa paling penting pada fase kehidupan, pada masa remaja di mana penentuan tentang masa depan mereka, apa yang mereka alami, dan apa yang mereka dapatkan di masa remaja adalah penentu apa yang akan terjadi pada mereka di saat remaja. Gambaran permasalahan remaja pada era modern ini mencakup tugas perkembangan remaja, terampil dalam bermedia sosial, dan membangun hubungan yang positif. Diadakan kegiatan ini dengan tujuan Memberikan pengetahuan akan pentingnya melaksanakan tugas perkembangan, Menjadikan remaja setempat bijak dalam bermedia sosial, Membangun pemahaman umum tentang pentingnya menjaga hubungan yang positif. Proses pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan bersosialisasi dengan remaja di desa setempat. Dengan adanya sosialisasi ini mendapatkan hasil remaja menjadi tahu dan menambah pengetahuan mengenai permasalahan remaja pada era modern ini. Serta bermanfaat bagi remaja bisa menjalankan tugas perkembangannya dan menjadi remaja yang berkualitas. Maka diperoleh kesimpulan adanya kegiatan ini bermanfaat untuk remaja setempat dan pihak lainnya.

References

Andres Kaplan & Michael HaenLein. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and

Opportunities Of Social Media, Business Horizons.

bssn.go.id. (2020, 29 Juni). Cara Mengatasi Cyberbullying. Diakses pada 12 Januari 2023, dari

https://bssn.go.id/cara-mengatasi-cyberbullying/

Dewi, H. A., Suryani, S., & Sriati, A. (2020). Faktor faktor yang memengaruhi cyberbullying

pada remaja: A Systematic review. Journal of Nursing Care, 3(2).

Fauzi, V. P., & Lubis, E. E. (2016). Pemanfaatan instagram sebagai social media marketing ercorner

boutique dalam membangun brand awareness di kota pekanbaru. Jurnal

Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 1-15.

Kasim, F. (2014). Jurnal Studi Pemuda : dampak perilaku seks berisiko terhadap kesehatan

reproduksi dan upaya penanganannya, 3(1), 39-48.

Mujab, A. S., Irawati, R. P., & Rahmawati, N. (2018). Pengembangan Modul Bahasa Arab

Berbasis Teori Psikologi Perkembangan Remaja Elizabeth B. Hurlock Kelas X MA.

Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 7(1), 1-7.

Nasution, S. (2014). Jurnal Darul Ilmi : perkembangan remaja (suatu tinjauan psikologis), 2(1),

-85.

Rifauddin, M. (2016). Fenomena cyberbullying pada remaja. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu

Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(1), 35-44.

Rinta, L. (2015). Jurnal Kesehatan Nasional : pendidikan seksual dalam membentuk perilaku

seksual positif pada remaja dan implikasinya terhadap ketahanan psikologi remaja,

(3), 163-174.

Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying pada

kalangan remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 257-262.

Yusuf,S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja (pp.71-93). Remaja Rosda Karya.

Wijayanti, S. H., & Sihotang, K. Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial Forms

of Millennial Generation Etiquette in Social Media.

Downloads

Published

2024-04-19

How to Cite

Psikoedukasi Remaja: Wiyata Untuk Jiwa Yang Berkualitas . (2024). Jurnal Psikologi Atribusi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-31. https://doi.org/10.31599/2tjrez42

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.