Evaluasi  Terhadap Implementasi Customer Relationship Management Dalam Lingkup Media  Sosial  Guna Meningkatkan Minat Pelanggan

Penulis

  • Levina Marthina Rumaropen Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Faizal Mahananto Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Abstrak

Melalui penelitian ini diperoleh temuan mengenai bagaimana penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada media sosial Facebook dan Instagram di PT.Pos Indonesia wilayah Jakarta Timur yang dapat meningkatkan kepuasan serta minat dari pelanggan. Penelitian ini juga berorientasi pada efektifitas CRM dalam melakukan perbaikan interaksi antara PT.Pos Indonesia dengan para pelanggannya melalui media sosial. PT.Pos Indonesia juga dapat menyesuaikan pendekatannya terhadap segmen pelanggan, mengimplementasikan hal yang relevan guna kepuasan pelanggannya. Dari penelitian ini dapat di identifikasi berbagai kendala seperti keterbatasan sumber daya serta penggunaan beberapa fitur untuk meningkatkan respon pelanggan. Penerapan CRM yang efektif memberikan dampak yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi PT.Pos Indonesia untuk memperbaiki manajemen pelayanan kepada pelanggan dengan meningkatkan efisiensi dalam merespon kebutuhan pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategis bagi PT Pos Indonesia untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat CRM yang efektif dalam meningkatkan minat dan kepuasan pelanggan.Penelitian ini juga memberikan manfaat bagi perusahaan lain yang digunakan sebagai  acuan dalam mengimplementasikan CRM di media sosial untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

27-04-2025

Cara Mengutip

Evaluasi  Terhadap Implementasi Customer Relationship Management Dalam Lingkup Media  Sosial  Guna Meningkatkan Minat Pelanggan. (2025). JIMU (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN UBHARA), 7(1), 37-47. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JIMU/article/view/3757