Evaluasi Terhadap Implementasi Customer Relationship Management Dalam Lingkup Media Sosial Guna Meningkatkan Minat Pelanggan
Abstrak
Melalui penelitian ini diperoleh temuan mengenai bagaimana penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada media sosial Facebook dan Instagram di PT.Pos Indonesia wilayah Jakarta Timur yang dapat meningkatkan kepuasan serta minat dari pelanggan. Penelitian ini juga berorientasi pada efektifitas CRM dalam melakukan perbaikan interaksi antara PT.Pos Indonesia dengan para pelanggannya melalui media sosial. PT.Pos Indonesia juga dapat menyesuaikan pendekatannya terhadap segmen pelanggan, mengimplementasikan hal yang relevan guna kepuasan pelanggannya. Dari penelitian ini dapat di identifikasi berbagai kendala seperti keterbatasan sumber daya serta penggunaan beberapa fitur untuk meningkatkan respon pelanggan. Penerapan CRM yang efektif memberikan dampak yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi PT.Pos Indonesia untuk memperbaiki manajemen pelayanan kepada pelanggan dengan meningkatkan efisiensi dalam merespon kebutuhan pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategis bagi PT Pos Indonesia untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat CRM yang efektif dalam meningkatkan minat dan kepuasan pelanggan.Penelitian ini juga memberikan manfaat bagi perusahaan lain yang digunakan sebagai acuan dalam mengimplementasikan CRM di media sosial untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JIMU (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN UBHARA)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.