Pengaruh Promosi Instagram Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Annisa Eka Syafrina Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/30tw5a63

Keywords:

Instagram, keputusan pembelian, mahasiswa, promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh promosi Instagram terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan objek penelitian ataupun hasil penelitian yang digunakan untuk menjelaskan pengaruh promosi yang dilakukan di Instagram terhadap keputusan pembelian mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa promosi melalui Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa, ditunjukan dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh diperoleh dari nilai koefisiensi determinasi 0.68. Nilai tersebut menunjukan bahwa 68% keputusan pembelian dipengaruhi oleh promosi Instagram sedangkan sisanya 33% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. (2024, 02 07). Berita. Retrieved from apjii.or.id: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah- pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Annur, C. M. (2023, 11 28). Teknologi dan Telekomunikasi. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan- pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia

Astuti, W., & Kaligis, R. (2021). Pengaruh Promosi Buku Penerbit Mediakita di Instagram terhadap Proses Keputusan Pembelian Generasi Z. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19-34.

Ekasari, N. (2014). Pengaruh Promosi Berbasis Sosia Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 81-102.

Indika, D., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 25-32.

Pratiwi, F. (2024, 02 23). Bisnis. Retrieved from Republika.co.id.: https://ekonomi.republika.co.id/berita/s9bire457/apjii-pengguna-internet-indonesia-pada- 2024-capai-795-persen

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Nasehudin, T., & Gozali, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia. Syafrina, A. E. (2022). Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Communicator

Sphere, 83-89.

Syafrina, A. E. (2023). Generation Z in Responding to Communication Trends on Instagram.

Semantik, 1(2), 112-123.

Downloads

Published

2024-04-04

Issue

Section

Articles