Pemanfaatan Pemasaran Digital UMKM Keripik Pisang di Desa Ponggang

Authors

  • Daffa Ai'sy Alini Kawulur Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Annisa Eka Syafrina Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31599/cd0w1542

Keywords:

UMKM Keripik Pisang rn.cemilan, Digital Marketing, Strategi Pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pemasaran UMKM keripik pisangpada era digitalisasi. Kegiatan Proyek Membangun Desa (PMD) yang telah dilakukan mahasiswa secara khusus dilaporkan dalam penelitian ini berfokus pada pemasaran UMKM keripik pisang rn.cemilan di Desa Ponggang. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Keberadaan usaha kecil, menengah, dan mikro merupakan bagian dari kegiatan perekonomian masyarakat nasional dan saat ini semakin berkembang. Sebab, kehadiran UMKM sangat bermanfaat jika dilihat dari pemerataan pendapatan masyarakat lokal. Maka dari itu, mahasiswa melakukan upaya memajukan UMKM di Desa Ponggang melalui era digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Setelah melakukan penelitian, mahasiswa melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman mengenai pemasaran digital. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan pemasaran digital UMKM rn.cemilan keripik pisang sudah mengalami peningkatan dilihat dari pemasaran produk yang sudah memanfaatkan media digital seperti WhatsApp, Instagram, dan Shopee. Sehingga menciptakan produk menjadi dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di wilayah Desa Ponggang saja. Hasil yang didapat yaitu memperluas wilayah pemasaran, menjaga kualitas produk dan memanfaatkan media digital untuk hal promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhanudin, B., Farihin, A., & Karyono, K. (2024). Pendampingan pemasaran digital untuk peningkatan daya saing UMKM kripik pisang di Desa Compreng dalam era digitalisasi. SocServe: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 75-82.

Pratama, A. (2020). Jurnal Komunikasi . Analisis Strategi pemasaran dalam upaya peningkatan daya saing ukm, 10-12.

Wibowo, D. H. (2018). Jurnal ekonomi bisnis. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM, 8-11.

Rindiani, F., Putri, H. M., Rhositawati, N., & Carmidah, C. (2023). Strategi Pemasaran Umkm Keripik Pisang Tunas Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 01-14.

Maulida, Y. A., & Habiburahman, H. (2022). Analisis strategi pemasaran keripik pisang di era pandemi Covid-19 (Studi pada UMKM Keripik Sumber Rezeki). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 303-314.

Ramadhani, M. F. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM melalui Digital Marketing Pada Keripik Pisang Banna-Qu. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 153-158.

Susmanto, F. G., Mutiah, R., & Rusmana, F. D. (2024). Implementasi Pengelolaan E-Commerce Terhadap Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), 3(1), 34-49.

Downloads

Published

2024-10-14