Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, dan Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Perusahaan BUMN X di Semarang)

Penulis

  • Ria Padma Nur Ariyani
  • Eviatiwi Kusumaningtyas Sugiyanto

Kata Kunci:

komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, komitmen normative dan kinerja.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, dan komitmen normatif terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu melibatkan seluruh karyawan untuk menjadi sampel dengan jumlah 47 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Berdasarkan hasil temuan penelitian disimpulkan bahwa komitmen afektif mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, komitmen berkelanjutan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, dan komitmen normatif mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Komitmen normative memiliki pengaruh terbesar terhadap kinerja. Penelitian ini membuktikan bahwa perusahaan dapat meningkatkan kinerja melalui peningkatan komitmen yang dimiliki oleh masing-masing karyawan.

View Article

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-09-25

Cara Mengutip

Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, dan Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Perusahaan BUMN X di Semarang). (2020). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN UBHARA, 2(2). https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JIMU/article/view/2822

Artikel Serupa

1-10 dari 118

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.