Pengaruh Social Advertising Tiket.com terhadap Minat Berwisata

Authors

  • Muhammad Dzakwaan Arkaan STIKOM Interstudi
  • Sekartaji Anisa Putri

DOI:

https://doi.org/10.31599/b3wshs36

Keywords:

Iklan Media Sosial, Minat Berwisata, Tiket.com

Abstract

Media sosial telah berkembang menjadi salah satu platform untuk melakukan periklanan dengan total pengguna aktif mencapai 4,62 miliar jiwa. Konsep social advertising muncul sebagai proses mendapatkan traffic ke situs jejaring sosial melalui konten untuk menarik perhatian audiens. Strategi ini memicu Tiket.com sebagai penyedia jasa layanan ikut aktif beriklan di berbagai sosial media khusnya berupa iklan video di YouTube. Meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata disebabkan oleh ketatnya kebijakan pemerintah selama pandemi COVID-19. Hal ini berbanding lurus dengan peningkatan pencarian kata kunci travel di YouTube yang mengalami peningkatan sekitar 115 persen per tahun. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari social advertising Tiket.com terhadap minat berwisata. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif jenis eksplanatif dengan pendekatan positivis. Populasi yang digunakan adalah total pengguna Tiket.com sebanyak 30 juta pengguna dan sampel menggunakan metode non-probability sampling jenis purposive sampling dengan rumus slovin taraf kesalahan 10% kuesioner disebarkan kepada 100 responden melalui google form dan diolah menggunakan SPSS versi 29. Selanjutnya data dianalisis melalui uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi (R Square). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh social advertising memiliki pengaruh kuat terhadap minat berwisata dan sisanya dipengaruhi oleh faktor  lain di luar penelitian. Hipotesis dapat diinterprestasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pati, A. B. (2020, September 24). 4 Fakta unik The Prediksi, geng motor beranggotakan seleb Tanah Air. Brilio.Net. https://www.brilio.net/creator/4-fakta-unik-the-prediksi-geng-motor-beranggotakan-seleb-tanah-air-cf15f7.html

Akbari, E., Mathory, S., & Syahna, ; (2022). DAMPAK VIDEO PROMOSI OBJEK WISATA PADA PENINGKATAN PENGUNJUNG DEWI SRI WATERPARK. In Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship (Vol. 4, Issue 2).

Alraja, M. N., Khan, S. F., Khashab, B., & Aldaas, R. (2020). Does Facebook Commerce Enhance SMEs Performance? A Structural Equation Analysis of Omani SMEs. SAGE Open, 10(1). https://doi.org/10.1177/2158244019900186

Annur, C. M. (2023). Pertumbuhan Melambat, Jumlah Pengguna Media Sosial Global Capai 4,76 Miliar hingga Awal 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/07/pertumbuhan-melambat-jumlah-pengguna-media-sosial-global-capai-476-miliar-hingga-awal-2023

Ary, J. (2022). The Prediksi Dengan 13 Anggotanya Rame-rame Berangkat Ke Amerika Serikat. https://wartakota.tribunnews.com/2022/09/16/the-prediksi-dengan-13-anggotanya-rame-rame-berangkat-ke-amerika-serikat

Aydin, G. (2016). Attitudes towards Digital Advertisements: Testing Differences between Social Media Ads and Mobile Ads. International Journal of Research in Business Studies and Management, 3(2), 1–11.

David, V. (2015). University of Huddersfield Repository University of Huddersfield Repository. Electronics and Computing in Textiles, 9(January 2014), 45–59.

Dianti, T. (2021, October 8). ‘Revenge Travel’ Setelah Pandemi Berpotensi Picu Gelombang 3. DW.Com. https://www.dw.com/id/revenge-travel-setelah-pandemi-covid/a-59438799

Eze, S. C., Chinedu-Eze, V. C. A., & Awa, H. O. (2021). Key Success Factors (KSFs) Underlying the Adoption of Social Media Marketing Technology. SAGE Open, 11(2). https://doi.org/10.1177/21582440211006695

Isnan, M. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Tiket.com Di Jawa Barat. MARKETING STRATEGY.

Jung, A. R. (2017). The influence of perceived ad relevance on social media advertising: An empirical examination of a mediating role of privacy concern. Computers in Human Behavior, 70, 303–309. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.01.008

Kesuma, U., & Hidayat, A. W. (2020). Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 166. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.6043

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management / Philip Kotler, Kevin Lane Keller: Vol. 15th ed (Global Edition). Pearson Education.

Mahdi, I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Mahmudan, A. (2022). Pengguna Youtube Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-youtube-indonesia-terbesar-ketiga-di-dunia-pada-2022

Neuman, W. L. (William L. (2013). Social research methods : qualitative and quantitative approaches: Vol. 7th Ed.

Nurdin, S., Restiani Widjaja, Y., & Mustika, R. (2019). DAMPAK CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN HONDA BEAT.

Ramadhani, C., & Hadi, S. P. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @nazlaalifa TERHADAP GAYA HIDUP. Inter Script: Journal of Creative Communication |, V(1), 38.

Rehman, F. ur, & Al-Ghazali, B. M. (2022). Evaluating the Influence of Social Advertising, Individual Factors, and Brand Image on the Buying Behavior toward Fashion Clothing Brands. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440221088858

Rhendy Mamori, D., & Najib, M. (2020). Indexed in Google Scholar DETERMINANTS OF INTEREST IN USING TRAVEL VLOGS ON YOUTUBE AS A REFERENCE FOR TRAVELING. Journal of Applied Management (JAM), 18(4). https://doi.org/10.21776/ub.jam

Rio, F., Paramita, M., & Thang, S. (2021). Analisis Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Pada Perusahaan DE Plafon. Journal of Digital Ecosystem for Natural Sustainability (JoDENS).

Rohman, T. (2022). 5 Tempat Wisata Instagramable yang Ternyata Tidak Sesuai Ekspektasi. Phinemo.

Sarifudin. (2020, January 15). Kepuasan Wisatawan. Sarifudin.Com. https://sarifudin.com/beranda/213-kw123#:~:text=Unsur%20kepuasan%20dan%20ketidakpuasan%20timbul,Pelayanan%2C%20Kebersihan%2C%20dan%20Aksesibilitas

Setiana, R. (2022). Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Pada Keanggotaan Baru Big Bro Muaythai Traning Camp. Inter Script: Journal of Creative Communication |, 4(2), 1–13.

Setyowati, D. (2023). Transaksi Tiket.com Melonjak 180% Jelang Libur Lebaran. KataData.Co.Id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6253dfef61d7c/transaksi-tiketcom-melonjak-180-jelang-libur-lebaran

Similarweb. (2023). Tiket.com Website Overview. https://www.similarweb.com/website/tiket.com/#overview

SocialBlade. (2022). Taulany TV Youtube Channel Insight. Socialblade.Com. https://socialblade.com/youtube/channel/UC6SPCnTAIanF2_8ST2wrQzw

Sugiarto, B. U., & Subagio, H. (2014). ANALISA PENGARUH PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI DI DREAM OF KHAYANGAN ART RESTO SURABAYA. In Jurnal Manajemen Pemasaran Petra (Vol. 2, Issue 1).

Tiket.com. (2023). 2023 COMPANY PROFILE.

WartaEkonomi. (2022). Google Travel Insights Tunjukkan Pariwisata Indonesia Kembali Naik ke Tingkat Prapandemi. WartaEkonomi.Co.Id. https://wartaekonomi.co.id/read410998/google-travel-insights-tunjukkan-pariwisata-indonesia-kembali-naik-ke-tingkat-prapandemi

Downloads

Published

2024-03-26

Issue

Section

Articles