Pengaruh Persepsi Masyarakat, Kepercayaan, dan Gaya Hidup terhadap Minat Menggunakan QRIS dalam Transaksi di Toko Cahaya USA

Penulis

  • alrizki mulyani Universitas Dharmas Indonesia
  • Alrizki Mulyani Universitas Dharmas Indonesia
  • Alex Ferdinal Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31599/nsntdg56

Kata Kunci:

Public Perception, Trust, Lifestyle Interest in QRIS Usage

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat, kepercayaan, dan gaya hidup terhadap minat penggunaan QRIS dalam transaksi di Toko Cahaya USA Kabupaten Dharmasraya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh persepsi masyarakat, kepercayaan, dan gaya hidup secara parsial maupun simultan terhadap minat penggunaan QRIS dalam transaksi di Toko Cahaya USA Kabupaten Dharmasraya.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dilaksanakan pada bulan April hingga Mei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.178 responden, dan sampel sebanyak 298 responden diperoleh menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F, serta uji koefisien determinasi (R²).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi masyarakat, kepercayaan, dan gaya hidup baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan QRIS dalam transaksi di Toko Cahaya USA Kabupaten Dharmasraya. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,722 menunjukkan bahwa seluruh variabel independen dapat memengaruhi variabel dependen sebesar 72,2%, sedangkan sisanya sebesar 27,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

14-10-2025

Cara Mengutip

Pengaruh Persepsi Masyarakat, Kepercayaan, dan Gaya Hidup terhadap Minat Menggunakan QRIS dalam Transaksi di Toko Cahaya USA. (2025). JIMU (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN UBHARA), 7(2), 69–75. https://doi.org/10.31599/nsntdg56