Dampak Celebrity Endorsement, Positioning dan Customer Relationship Management terhadap Minat Beli
Kata Kunci:
Celebrity Endorsement, Positioning, Customer Relationship Management, Minat BeliAbstrak
Minat beli merupakan dorongan yang muncul setelah seseorang mendapatkan rangsangan dari suatu produk yang dilihatnya, sehingga menimbulkan keinginan untuk membeli dan memilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel Celebrity Endorsement, Positioning, dan Customer Relationship Management berpengaruh terhadap minat beli produk Arinna Hijab. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplorasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang ingin atau yang pernah membeli produk Arinna Hijab. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 26. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Celebrity Endorsement, Positioning berpengaruh positif signifikan secara parsial maupun simultan terhadap Minat Beli Produk Arinna Hijab, sedangkan variabel Customer Relationship Management berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Minat Beli Produk Arinna Hijab. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi variabel lain di luar celebrity endorsement, positioning, dan customer relationship management, serta mempertimbangkan faktor demografis atau jenis industri tertentu untuk memperluas pemahaman terhadap minat beli konsumen.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JIMU (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN UBHARA)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.