Pengaruh Bunaken Brand, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Turis Domestik Dan Asing Di Provinsi Sulawesi Utara
Kata Kunci:
Bunaken Brand, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Turis Domestik dan AsingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bunaken brand, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan turis domestik dan asing di Provinsi Sulawesi Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis Standardized Loading Factor, Construct Reliability, Average Variance Extract (AVE) dan Uji Model Struktural T Statistics and P Values menggunakan software Partial Least Square atau PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh turis domestik dan asing yang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sample berjumlah 99. Hipotesis pertama tidak ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap Bunaken brand. Semakin menurun atau meningkatknya indikator kualitas pelayanan pemandu wisata, fasilitas transportasi, infrastruktur, akomodasi dan kerahmatamahan, maka tidak mempengaruhi Bunaken brand bagi turis domestik dan asing. Hipotesis kedua ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan turis. Semakin mendominasi indikator kualitas pelayanan pemandu wisata dan fasilitas transportasi, maka turis domestik dan asing semakin merasa puas. Hipotesis ketiga ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap promosi. Semakin tinggi kualitas pelayanan pemandu wisata, fasilitas transportasi, infrastruktur, akomodasi dan kerahmatamahan, maka semakin baik promosi Taman Nasional Bunaken kepada turis domestik dan asing. Hipotesis keempat ada pengaruh promosi terhadap Bunaken brand. Semakin meningkat indikator promosi kompetitif, loyalitas, even promosi, informasi pariwisata, maka semakin dikenal citra merek Bunaken oleh turis domestik dan asing. Hipotesis kelima ada pengaruh promosi terhadap kepuasan turis. Semakin meningkat indikator promosi kompetitif, loyalitas, even promosi dan informasi pariwisata, maka semakin semakin merasa puas turis domestik dan asing berkunjung ke TN Bunaken. Hipotesis keenam ada pengaruh Bunaken brand terhadap kepuasan turis. Semakin meningkat indikator brand image, brand experience, brand identity, brand loyalty and brand value, maka semakin puas turis domestik dan asing berkunjung ke TN Bunaken.