Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UD. Jaya Marine Surabaya
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, PenjualanAbstrak
Bisnis alat kesehatan dan keselamatan kerja terus berkembang pesat sehingga semakin ketat persaingan antar usaha. Hal ini membuat para pengusaha harus memiliki strategi yang tepat guna menjaga keberlangsungan kehidupan usahanya.Objek yang digunakan oleh peneliti ialah UD. Jaya Marine Surabaya. UD. Jaya Marine Surabaya adalah salah satu usaha yang bergerak dalam bidang alat kesehatan dan keselamatan kerja di Indonesia, yang beralamatkan pada jalan Kusuma Bangsa Nomor 55 Surabaya. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh UD. Jaya Marine Surabaya dalam meningkatkan penjualannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripstif. Pengumpulan informasi dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informasi yang didapatkan diolah dan diidentifikasi menggunakan teknik Analisis SWOT. Hasil analisis SWOT pada UD. Jaya Marine Surabaya menunjukkan bahwa usaha tersebut memiliki kekuatan yang memadai untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang dapat digunakan oleh usaha ini ialah sering melakukan analisis pada kebutuhan dan juga perilaku konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan demi kepuasan pelanggan, semakin masif melakukan kegiatan promosi pada sosial media, dan juga bisa melakukan penjualan online secara aktif melalui platform penjualan online yang telah ada.