Analisis Strategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM (Studi Kasus Bakso Super Rasa di Jalan Gayungan Surabaya)
Kata Kunci:
UMKM, Strategi Bisnis, Analisis SWOTAbstrak
Di era saat ini UMKM perlu memaksimalkan usahanya agar dapat bertahan hidup. Usaha Mikro Kecil yang menjadi objek penelitian ini adalah usaha Bakso Super Rasa yan berada di Jalan Gayungan Surabaya. Usaha ini merupakan usaha yang bergerak dibidang kuliner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi bisnis yang digunakan Bakso Super Rasa dalam bidang keuangan, sumber daya manusia, pemasaran dan produksi dalam mempertahankan usaha dan meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi bisnis dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dengan metode SWOT pada usaha Bakso Super Rasa. Melalui analisis menggunakan IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary) maka dapat diketahu faktor Internal yaitu kekuatan dan kelemahan, dan faktor Eksternal yaitu peluang dan acaman. Pemilihan strategi menggunakan strategi SO, sehingga pada diagram S dan O terletak pada kuadran I yaitu perusahaan memiliki kekuatan untuk memaksimalkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan dan ancaman dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy).