Dampak Negosiasi Terhadap Keuntungan Pelaku UMKM
Kata Kunci:
Keuntungan, Negosiasi, UMKMAbstrak
Saat ini Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan yang menjadi ujung tombak perputaran ekonomi nasional Indonesia dengan memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan perekonomian nasional saat ini. Di dalam kegiatan UMKM terdapat faktor yang menjadi pengaruh keberhasilan UMKM dan sangat berdampak terhadap keuntungan pelaku UMKM. Negosiasi merupakan bentuk interaksi sosial yang dilakukan oleh dua orang atau lebih bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan. Negosiasi menjadi faktor yang membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan keuntungan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh negosiasi terhadap keuntungan pelaku UMKM. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan cara mengambil sampel secara random, menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data secara kuantitatif/statistik. Melibatkan sejumlah dua puluh satu pelaku UMKM sebagai narasumber dan negosiator. Temuan penelitian ini berdasarkan hasil dari beberapa responden yang menyatakan kegiatan UMKM diikuti negosiasi dalam proses penjualannya sangat berdampak terhadap keuntungan dan kerugian usaha. Sebagian responden beranggapan bahwa negosiasi merupakan hal wajar dalam kegiatan usaha. Negosiasi memiliki peran penting dalam segala aktivitas pelaku UMKM untuk mendapatkan hasil dan keuntungan pelaku UMKM itu sendiri.