Perilaku Cyberloafing Ditinjau Dari Psychological Capital dan Adversity Quotient
Kata Kunci:
Modal Psikologis, Adversity Quotient, Perilaku Cyberloafing.Abstrak
Cyberloafing adalah perilaku karyawan menggunakan internet milik perusahaan atau pribadi untuk tujuan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan dan dilakukan selama jam kantor. Menilai perilaku cyberloafing di perusahaan, institusi atau organisasi adalah penting untuk meminimalkan atau bahkan menghilangkan faktor-faktor yang menyebabkan perilaku cyberloafing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh modal psikologis dan kecerdasan adversitas terhadap perilaku cyberloafing. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 150 karyawan di Kementerian
Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, temuan berikut diperoleh: (1) secara simultan modal psikologis dan quotient adversity quotient dampak negatif dan signifikan terhadap perilaku cyberloafing, (2) sebagian modal psikologis negatif dan dampak signifikan pada perilaku cyberloafing, (3) sebagian kesulitan hasil bagi dampak negatif dan signifikan pada perilaku cyberloafing.