Pengelolaan Social Capital Karyawan Dalam Mendukung Pencapaian Tujuan Dan Competitive Advantage Organisasi
Kata Kunci:
Social Capital, Tujuan Organisasi, Competitive AdvantageAbstrak
Modal sosial mengacu pada sumber daya yang berasal dari hubungan sosial yang dimiliki oleh organisasi. Konsep modal sosial sebetulnya telah lama diterapkan pada tingkat analisis individu, kelompok dan organisasi, namun banyak peneliti yang belum sepenuhnya merangkul potensi modal sosial sebagai asalah satu potensi dalam mendukung pencapaian tujuan dan dalam menghadapi persaingan yang kompetitif dalam dunia usahanya, hanya penelitian yang terkait dengan fenomena manajemen dan organisasi. Bagi organisasi, pengetahuan memiliki peran penting untuk keberhasilan dalam mencapai tujuan dalam lingkungan yang kompetitif dalam era globalisasi ini, organisasi perlu memberdayakan sumber daya manusia yang dimiliki sebagai modal capital sebagai social capital dimana karyawan perlu didorong untuk berbagi pengetahuan yang dimiliki guna meningkatkan dan mempertahankan keunggulan kompetitif yang telah dimiliki organisasi yang untuk tercapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Diharapkan adanya niat karyawan untuk berbagi pengetahuan sebagai knowledge sharing adalah akan menjadi salah satu prediktor kuat dari perilaku berbagi pengetahuan karyawan yang sebenarnya. Maka untuk mengetahuinya dilakukan studi referensi melalui penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. isi yang digunakan untuk meneliti isi dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian. Sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran bagi pengelola organisasi sumber daya manusia untuk memanfaatkan modal sosial yang dimiliki karyawan sehingga mampu mendorong sharing knowledge antar karyawan. Dengan demikian, kondisi organisasi akan semakin kuat dan tangguh dalam persaingan global.