Pengaruh Green Accounting Terhadap MFCA Dalam Meningkatkan Keberlangsungan Usaha Serta Resource Efficiency Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perusahaan Peraih Penghargaan Industri Hijau Yang Listing Di JII)

Penulis

  • Windasari Rachmawati
  • Abdul Karim

Kata Kunci:

Green Accounting, Jakarta Islamic Index, Material Flow Cost Accounting, Resource Efficiency

Abstrak

Penggunaan kalimat green accounting akhir – akhir ini mulai populer dengan semakin meningkatnya penelitian yang mengangkat green accounting di Indonesia. Green accounting berhubungan dengan informasi lingkungan dan pengauditan pada lingkungan yang memiliki definisi sebagai suatu identifikasi, penyelidikan,analisis serta pelaporan dan informasi biaya yang beerhubungan dengan bidang lingkungan dari suatu organisasi. Fungsi utama green accounting untuk mengatasi masalah lingkungan sosial, serta memiliki dampak pada pencapaian pembangunan yang berkelanjutan beserta lingkungannya. Hal ini mempengaruhi perilaku perusahaan dalam menghadapi isu – isu tanggung jawab sosial dengan lingkungannya. MFCA sebagai alat kunci dari pendekatan manajemen yaitu flow managementt yang memiliki tujuan khusus mengelola proses manufaktur yang berhubungan dengan aliran material, energi, dan data. Penelitian ini menggunakan alat uji statistic dengan uji moderasi yang diperoleh hasil bahwa Matterial flow cost accounting di ukur dari biaya produksi,luas area produksi, dan hasil atau nilai produksi, terhadap keberlangsungan usaha,dan green accounting tidak berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha.

View Article

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-04-20

Cara Mengutip

Pengaruh Green Accounting Terhadap MFCA Dalam Meningkatkan Keberlangsungan Usaha Serta Resource Efficiency Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perusahaan Peraih Penghargaan Industri Hijau Yang Listing Di JII). (2021). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN UBHARA, 3(1). https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JIMU/article/view/2842

Artikel Serupa

1-10 dari 14

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.