Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Autoplastik Indonesia Karawang Timur

Penulis

  • Hamdah Alfiyah
  • Neng Siti Komariah

Kata Kunci:

Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Cara meningkatkan keunggulan bersaing suatu perusahaan yakni dengan cara menarik perhatian para pelanggan kemudian berusaha mempertahankannya agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan juga berkembang. Satu hal yang penting bagi suatu perusahaan yaitu dengan cara menjalin suatu hubungan yang kuat dengan para pelanggan dan stakeholder lainnya. Karena hubungan yang baik akan menentukan nilai masa depan perusahaan, dan apabila peminat konsumen semakin menurun akan sangat berdampak bagi perusahaan dan dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Autoplastik Indonesia Karawang Timur.Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT. Autoplastik Indonesia Karawang Timur, teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 80 orang. Metode yang dipergunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner skala likert, jawaban responden diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa Relationship Marketing yang terdiri dari variabel Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, dan Penanganan Konflik berpengaruh secara signifikan sebesar 62,7% terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Autoplastik Indonesia Karawang Timur, sedangkan sisanya yaitu 37,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

View Article

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

20-04-2021

Cara Mengutip

Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Autoplastik Indonesia Karawang Timur. (2021). JIMU (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN UBHARA), 3(1). https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JIMU/article/view/2848

Artikel Serupa

11-20 dari 20

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.